, Sigi – Anggota Kabupaten Gorontalo Utara melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Sigi, Jumat, 18 Juni 2021. Kunker tersebut mengenai pengelolan Badan Usaha Milik Desa ().

Rombongan yang dipimpin Ketua Komisi I Gorontalo Utara, Rina PolapI bersama Wakilnya, Matran Nasunte disambut oleh Wakil Ketua Komisi I, Sigi, Hikmah Ladjidji bersama anggota Sumi, dan Yakub Ntango, di ruang sidang utama DPRD Sigi. Turut hadir juga perwakilan Dinas PMD Kabupaten Sigi.

Kunker tersebut bertujuan melakukan studi komparatif tentang penerapan kebijakan dan dukungan daerah dalam pengembangan serta kebijakan daerah dalam pengalokasian Anggaran Dana Desa (ADD) di DPRD Sigi.

BACA JUGA  Jual Gas 3 Kg Diatas HET, 69 Tabung Disita dari 11 Pengecer

Wakil Ketua Komisi I DPRD Gorontalo Utara, Matran Nasunte mengatakan, tujuan kunker ke Sigi guna mendorong pengembangan di Gorontalo Utara.

Menurutnya, Kabupaten Sigi salah satu kabupaten yang menerutnya maju dalam bidang pengembangan maupun pengelolan BUMDes.

“Sesuai data yang ada di kami, Sigi lebih maju dari daerah kami. Olehnya kami belajar disini,” kata Matran.

Kata dia, setelah melihat kondisi BUMDes diwilayahnya yang belum seperti yang diharapkan terutama dalam segi kemandirian, inilah yang memicu pihaknya untuk datang ke Kabupaten Sigi.

“BUMDesa sendiri ada laporan pertanggungjawaban keuangan, namun BUMDes di daerah kami belum seperti yang diharapkan,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua I DPRD Sigi, Hikmah Ladjidji serta Dinas memaparkan berbagai capaian dan program pengembangan BUMNag di Kabupaten Sigi.

BACA JUGA  DPRD Sulteng akan Konsultasi ke Kemendagri terkait Pengusulan Penerapan Rekening Titipan

Berbagai unit usaha BUMDes di Kabupaten Sigi terdiri dari bidang perternakan, perikanan, pertanian, pariwisata dan berbagai jenis unit usaha lainya. (SOB)