Madika, (Pemkab) , resmi menetapkan Desa Binangga sebagai Desa Cantik (Cinta Statistik). Penetapan tersebut dilakukan Bupati , Mohamad Irwan dan disaksikan langsung oleh Kepala BPS Provinsi Sulawesi Tengah Drs.Dumangar Hutahuruk, Kepala BPS Ir. Arfandi serta jajaran Forkompinda di Kecamatan Marawalo, Selasa (29/06/2021).

Desa Cantik merupakan program percepatan dari Badan Pusat Statistik dalam lingkup Desa, kelurahan dan yang setingkat untuk meningkatkan kompetensi aparat desa dalam mengelola dan memanfaatkan data desa sehingga perencanaan pembangunan desa menjadi lebih tepat sasaran.

Dalam sambutannya, Kepala BPS Provinsi Sulawesi Tengah, Drs.Dumangar Hutahuruk mengatakan, Desa Cinta Statistik merupakan terobosan yang dibuat oleh BPS. Sebab, pembangunan , sudah dimulai dari desa.

BACA JUGA  Festival Tangga Banggo Siranindi Sebagai Pemersatu Keberagaman Budaya

“Tujuannya agar perangkat desa lebih faham statistik dan program ini juga bertujuan melahirkan komunitas cinta statistik di desa sehingga desa dapat bertransformasi menjadi subyek pembangunan.”kata Dumangar.

Dijelaskan juga, saat ini ada 100 Desa Cantik yang telah ditetap diseluruh Indonesia. Dengan harapan, desa yang telah ditetapkan dapat menjadi percontohan.

“Saya berharap, para aparat desa bisa belajar dan faham tentang statistik dan berharap Desa Binangga mampu menjadi contoh bagi desa yang lain sehingga desa-desa lain tersebut bisa tertular menjadi Desa Cantik.”lanjutnya.

Sementara Bupati Sigi, Mohamad Irwan mengatakan, inovasi ini perlu didorong karena memang ada format-format yang diatur oleh BPS mulai dari luas wilayah, ruang , kondisi infrastruktur sarana prasarana dan semua data lainnya.

BACA JUGA  Ishak Cae : Ada Oknum OPD Yang Ingin Adu Domba DPRD dan Walikota

“Data ini dibutuhkan juga sebagai data demografi di , termasuk data masyarakat miskin,data dan sebagainya (tinggal dipadukan).” Katanya.(SOB)