, Sigi – Pemerintah (Pemkab) Sigi, resmi menetapkan Desa Binangga sebagai Desa Cantik (Cinta Statistik). Penetapan tersebut dilakukan , Mohamad Irwan dan disaksikan langsung oleh Kepala BPS Drs.Dumangar Hutahuruk, Kepala BPS sigi Ir. Arfandi serta jajaran Forkompinda di Kecamatan Marawalo, Selasa (29/06/2021).

Desa Cantik merupakan program percepatan dari Badan Pusat Statistik dalam lingkup Desa, kelurahan dan yang setingkat untuk meningkatkan kompetensi aparat desa dalam mengelola dan memanfaatkan data desa sehingga perencanaan pembangunan desa menjadi lebih tepat sasaran.

Dalam sambutannya, Kepala BPS , Drs.Dumangar Hutahuruk mengatakan, Desa Cinta Statistik merupakan terobosan yang dibuat oleh BPS. Sebab, pembangunan , sudah dimulai dari desa.

BACA JUGA  Jaring Aspirasi Masyarakat, Joppi Bagikan 230 Paket Sembako

“Tujuannya agar perangkat desa lebih faham statistik dan program ini juga bertujuan melahirkan komunitas cinta statistik di desa sehingga desa dapat bertransformasi menjadi subyek pembangunan.”kata Dumangar.

Dijelaskan juga, saat ini ada 100 Desa Cantik yang telah ditetap diseluruh . Dengan harapan, desa yang telah ditetapkan dapat menjadi percontohan.

“Saya berharap, para aparat desa bisa belajar dan faham tentang statistik dan berharap Desa Binangga mampu menjadi contoh bagi desa yang lain sehingga desa-desa lain tersebut bisa tertular menjadi Desa Cantik.”lanjutnya.

Sementara , Mohamad Irwan mengatakan, inovasi ini perlu didorong karena memang ada format-format yang diatur oleh BPS mulai dari luas wilayah, ruang , kondisi infrastruktur sarana prasarana dan semua data lainnya.

BACA JUGA  Tugas LKS Tripartit, Pertimbangan hingga Pendapat

“Data ini dibutuhkan juga sebagai data demografi di kabupaten, termasuk data masyarakat miskin,data pemilu dan sebagainya (tinggal dipadukan).” Katanya.(SOB)