, Madika – Sebagai upaya memajukan , Pemerintah bersama Himpunan Pengusaha Muda (HIPMI) menggelar Sombori Tourism Festival 2021, dengan mengusung tema The Hidden Paradise of Central Sulawesi.

Ketua Umum BPC HIPMI sekaligus Ketua Panitia Sombori Tourism Festival 2021, Moh. Sadhak Husain ZA, S.IP mengungkapkan, pelaksanaan event ini merupakan langkah besar untuk memperluas gaung sektor di Morowali.

Melalui event Sombori Tourism Festival, diharapkan sektor di semakin meningkat dan menjadi andalan baru Pemerintah .

“Sehingga menarik pariwisata juga wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk datang ke Kabupaten Morowali khususnya di Sombori,”ujarnya.

Kemudian ia menambahkan, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat luar tentang Kabupaten Morowali yang kaya dengan beragam kearifan lokal, budaya dan keindahan alamnya bukan hanya tambang nikel.

BACA JUGA  Takjil On The Road, Cara DPC PKS Mantikulore Memberdayakan Pelaku UMKM

Selain itu juga, agar sektor pariwisata diharapkan dapat menjadi salah satu penggerak roda perekonomian di Morowali khususnya masyarakat di sekitar kepulauan sombori.

“Kami juga berharap adanya peningkatan fasilitas penunjang pariwisata pulau sombori seperti akses jalan, moda transportasi laut bahkan resort  dengan begitu akan berefek pada pelaku usaha di bidang pariwisata meningkat sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi Kabupaten Morowali”, tandasnya.

Rencananya Sombori Tourism Festival akan digelar selama tiga hari yaitu mulai 26 hingga 28 November 2021 mendatang, akan dihadiri Menteri Parekraf, Aktor Nasional, Puteri Pariwisata Indonesia 2020, Gubernur Sulawesi Tengah.

Kemudian juga akan menampilkan beberapa item kegiatan di antaranya Parade Tari Tradisional, Atraksi Musik Tradisional, Parade Lagu Daerah, Band Performance, Fire Dance, Lomba Dayung, Lomba Mancing, Lomba Perahu Hias, Lomba Kriya, Lomba Volly Pantai, Lomba Kuliner Tradisonal, Bakti Sosial, Kemah Pemuda dan Pemilihan Tina Tama Morowali.

BACA JUGA  Gerak Cepat Fikpa Sulteng Bantu Korban Banjir Beka

Seperti diketahui, Kepulauan Sombori berada di sudut Sulawesi Tengah yang berbatasan dengan Sulawesi Tenggara. Akses menuju Sombori dapat ditempuh melalui jalur darat dari ibukota Kabupaten Morowali selama tiga jam lalu dilanjutkan jalur laut selama dua jam. 

Berkaitan dengan akomodasi atau tempat tinggal, baru terdapat satu resort milik Pemkab Morowali yang bisa menampung kurang lebih 50 orang. Selain itu, tersedia pula penyewaan rumah warga untuk ditinggali.(Klb)