Madika, Palu – Anggota DPR RI, Hj, , S.Ag secera resmi menyerahkan bantuan aspirasi kesenian kepada Menengah Pertama Negeri(SMPN ) 15 Palu, Jumat (24/12/2021) sore.

Penyerahan bantuan itu disaksikan langsung oleh Pelaksana tugas (Plt) Kepala dan Kebudayaan , Abdul Hafid serta Ketua , Rusman Ramli.

Dalam sambutannya, Sakinah mengaku bantuan ini merupakan aspirasi dari pengurus SMPN 15, yang kemudian diperjuangkan melalui Kementerian dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Menurutnya, sedari dini masyarakat harus selalu menjaga kearifan lokal. Tidak lain dengan tujuan untuk terus melestarikan budaya Indonesia, khusus di Sulawesi Tengah (Sulteng). Sebab, saat ini masih banyak alat kesenian yang dimiliki Sulteng, namun jarang diketahui oleh masyarakat luas.

BACA JUGA  Wabup Sigi Resmi Jadi Kader PDI-P

“Kalau kita tidak lestarikan ini sangat fatal. Kedepan kebudayaan kita bisa terlupakan. Ini juga bisa menjadi salah satu promosi untuk wisata kita. Jadi memang harus dimulai dari sekarang,” kata Sakinah dalam sambutannya.

Sehingga dirinya berharap, bantuan ini benar-benar dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Selain menjadi bahan edukasi, juga dapat dimanfaatkan untuk menarik wisatawan.

“Pelihara seni budaya kita, agar generasi kita nantinya tidak melupakan kearifan lokal.” Pungkasnya.

Sementara Kepala SMPN 15 Palu, Abdul Rasid, mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang luar biasa. Sebab ia pun mengakui jika banyak alat kesenian yang baru diketahui namanya.

“Terima kasih atas bantuan ibu Hj. Sakinah. Kami tidak tau bagaimana upaya beliau memperjuangkan bantuan ini di kementerian. Dengan bantuan ini, saya baru mengetahui banyak alat kesenian yang dimiliki . Nanti diusia saya yang ke 55 tahun ternyata ada alat musik bernama gamba-gamba. Sekali lagi terima kasih Bu atas perjuangan merealisasikan aspirasi kami,” ungkap Rasid.

BACA JUGA  BTIIG Gelar Huabao Mini Soccer Cup Perdana untuk Mempererat Kekompakan Karyawan

Dalam penyerahan bantuan ini, turut disaksikan orang tua peserta didik penerimaan Program Indonesia Pintar () aspirasi yang diperjuangkan oleh Sakinah bersama jajaran pengurus Sulteng.(Redaksi)