, Palu – Anggota , melalui meninjau langsung lokasi kebakaran pasar Manonda, Jumat (01/04/2022). Peninjauan sendiri dilakukan guna melihat langsung serta mengindentifikasi langkah kongkrit yang perlu segera dilakukan kota.

Peninjauan yang dipimpin Ketua , Mutmainah Korona, turut didampingi Kepala Dinas Pemadam Kebakaran .

Mutmainah mengaku, langkah awal yang harus segera dilakukan adalah pembersihan lokasi pasca kebakaran, dengan tujuan lokasi tersebut dapat kembali digunakan para pedagang. Selain itu, perlu adanya sentuhan dari seperti membuat lapak pedagang dengan bahan baja ringan.

Penyediaan , diakuinya perlu segera diadakan di lokasi guna memenuhi kebutuhan air pedagang yang masih berjualan.

BACA JUGA  PANSUS 1 DPRD Sulteng Konsultasikan Raperda Tata Ruang

“Kami harap dapat segera melakukan langkah penanganan awal. Mengingat, kita akan memasuki bulan suci Ramadhan. Sehingga saudara kita, dapat kembali mencari rezeki,”kata Mutmainah.

Selain itu, pembentukan relawan pemadam kebakaran khusus untuk sektor pasar dan edukasi mengenai mitigasi kebakaran perlu dilakukan. Mengingat, kebakaran di pasar Manonda bukan kali pertama terjadi.

Penyediaan perlengkapan penanganan kebakaran bagi petugas damkar juga perlu menjadi. Mengingat, masih banyak peralatan petugas yang belum memadai.

“Secara kelembagaan, kami akan mendorong hal ini. Mengingat kebakaran adalah musibah yang tidak dapat kita ketahui, namun jika kita sigap. Maka kerugian material maupun jiwa bisa kita cegah,”tandasnya.

Dalam kunjungan ini, turut hadir pula Wakil Ketua , Zainal serta Sekertaris Komisi, Astam. (Sob)

BACA JUGA  Parpol Diminta Aktif Pantau SIPOL