, - , Ma'mun Amir, didampingi Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Daerah, I Nyoman Sriadijaya, mengikuti peluncuran buku “ dan -19”, secara virtual, Senin 7 Maret 2022. Buku ini merupakan kumpulan pidato Presiden RI mulai Oktober 2019 sampai dengan Maret 2021, yang dibukukan Sekretariat Kabinet RI.

Dalam kesempatan ini, Sekretaris Kabinet Pramono Anung Wibowo, menyampaikan upaya yang dilakukan pemerintah pusat dalam menangani pandemi -19 hingga mendapat apresiasi dari badan dunia atau WHO.

“Buku ini merupakan inisiatif dari Sekretariat Kabinet untuk turut serta memberikan sumbangsi bagi perjalanan bangsa dan negara ini,” ucap Pramono.

Kata Pramono, termasuk salah satu negara diakui oleh WHO, yang berhasil mengatasi permasalahan -19 dengan baik. Keberhasilan ini atas instruksi yang berulang kali disampaikan Presiden RI untuk melakukan ‘gas dan rem'.

BACA JUGA  Ketua DPRD Sulteng Upayakan Penanganan Covid-19 Menjangkau Seluruh Lapisan Masyarakat

“Ketika Covid-19 tinggi maka dilakukan pengetatan dengan berbagai hal yang salah satunya adalah PPKM. Rem dan gas menjadi acuan yang dilakukan oleh pemerintah,” ungkap Pramono.

Dengan sistem rem dan gas, pemerintah diklaim dengan mudah memonitor perkembangan yang ada sehingga diapresiasi terkait langkah-langkah menanggulangi pandemi, termasuk melalui vaksinasi.

Diakuinya, Presiden RI saat mengumumkan pertama kali Covid-19 pada 2 Maret 2020, saat itu belum ada pengalaman dari berbagai negara, dan tidak ada satupun yang bisa memastikan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengantisipasi Covid-19 tersebut. Diucapkan terima kasih kepada jajaran Deputi Dukungan Kerja Kabinet yang telah menyiapkan buku “Indonesia dan Covid-19”.

“Ide dan gagasan dalam membuat buku ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi sejarah bangsa,” tandas Pramono.

BACA JUGA  Polres Sigi Gelar Rekonstruksi Pembunuhan Wanita yang Jenazahnya Hangus Dibakar

Peluncuruan buku turut dihadiri Kepala Perpustakaan Nasional, Perwakilan Perguruan Tinggi dan para kepala daerah se-Indonesia. (*)