, - Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-50 di dirangkaikan dengan Rapat Konsolidasi Peningkatan Kapasitas dan Sinergitas Kelembagaan PKK, Selasa 24 Maret 2022. Hari Kesatuan Gerak PKK mengusung tema “Berbakti untuk bangsa berbagi untuk sesama”.

Sekretaris TP-PKK Hj. Selfi Ladupa, M.Si menyampaikan bahwa Tujuan diadakannya rapat konsolidasi peningkatan kapasitas dan sinergitas kelembagaan PKK dalam meningkatkan ketahanan keluarga yaitu : Pertama, meningkatkan pemahaman dalam penyusunan program Tim Penggerak PKK di /Kota.

Kedua, meningkatkan pertisipasi kader PKK dalam pendampingan penurunan penyebaran dan penurunan di Desa maupun Kelurahan. Ketiga, menginternalisasikan nilai dan keterampilan kader dalam pengembangan SDM khususnya pada anak dan generasi muda.

BACA JUGA  Polda Sulteng Ungkap Kasus Prostitusi Online, Libatkan 3 Mahasiswa Universitas Terkemuka

Sementara itu, Wakil Ketua I TP-, Hj Halima Amir, mewakili Ketua TP-PKK menyampaikan melalui peringatan ini, mengingini gerakan PKK kembali pada roh-nya yakni, sebagai gerakan masyarakat untuk pemberdayaan keluarga.

“Oleh karena itu, keluargalah yang menjadi fokus perhatian dan harus diberdayakan karena keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat,” ucapnya.

Dia mengatakan peringatan hari kesatuan gerak PKK Ke-50 kali ini menjadi istimewa yang mana merupakan peringatan tahun emas Gerakan PKK di Indonesia.

“Selama 50 tahun gerakan PKK, tentunya banyak hal yang telah dilakukan, baik dari dinamika perjalanan PKK selama ini bisa menjadi bahan bagi kita semua,” ujar Halima.

Selanjutnya, upaya pemberdayaan keluarga perlu dilakukan dengan pendekatan cipta karya dan rasa yaitu dengan hati dan niat yang tulus. Halima berharap peringatan tidak hanya semata-mata sebagai acara seremonial dan kegiatan rutin tahunan saja.

BACA JUGA  UMKM Harus Ikuti Perkembangan Teknologi

“Kita ingin harus membawa semangat dan energi baru bagi setiap langkah gerakan PKK,” tandas Halima.

Kegiatan turut dihadiri Wakil Drs. Ma'mun Amir, Ketua , Ketua TP-PKK Provinsi dan /Kota, Unsur Forkopimda, Kepala OPD, Instansi Vertikal, Mitra Kerja Lingkup Provinsi Sulawesi Tengah. (*)