, Sigi – Dewan Perwakilan rakyat Daerah () Kabupaten Sigi resmi melantik Eliyanti sebagai pengganti antarwaktu () anggota DPRD Sigi sisa masa jabatan 2019-, Kamis, 16 Juni 2022.

Pelantikan Eliyanti menggantikan Anas dari Partai Demokrat karena ditemukan adanya pelanggaran penggelembungan suara, sehingga merugikan salah satu calon pada pelaksanaan pemilihan legislatif yang dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Pengangkatan dan pengambilan sumpah janji Eliyanti dilakukan dalam Rapat Paripurna DPRD Sigi yang dipimpin Sigi, Moh. Rizal Intjenae. Dengan mengacu pada surat keputusan (SK) Sulteng, H. Rusdi Mastura Nomor 171/189/RO.PBMOTDA-G.ST/2022.

Sigi, Moh. Rizal menyampaikan bahwa dilaksanakan setelah melalui mekanisme dan prosedur yang sesuai ketentuan, dimana untuk pemberhentian dan pengangkatan anggota DPRD Sigi telah ditetapkan melalui surat keputusan Sulteng.

BACA JUGA  Mangkraknya Pembangunan Puskesmas Towulu Tuai Kecaman Dari DPRD Sigi

Eliyanti yang diwawancarai setelah paripurna mengatakan, siap menjalankan mengabdikan diri sebagai wakil rakyat melalui lembaga DPRD Sigi.

Eliyanti yang berasal dari Partai Demokrat menggantikan Anas dari Dapil Dolo Raya meyampaikan terimakasih kepada seluruh pihak atas pelaksanaan pelantikan dirinya sebagai anggota DPRD Sigi.

Menurutnya, pelantikannya sebagai anggota DPRD, merupakan amanah dari masyarakat Sigi khususnya daerah pemilihan Dolo Raya.

“Kepada semua yang telah berpartisipasi saya menyampaikan terimakasih terkhusus kepada ketua DPC saya pak Ajub Willem,” tuturnya.

Ketua DPC Demokrat Sigi, Ajub Willem mengatakan, setelah dilantiknya Eliyanti maka Demokrat Sigi akan membenah diri dan menjelaskan kepada masyarakat kenapa ada PWA.

Ia menuturkan Anas adalah Keputusan Mahkamah Agung dan DPP Partai Demokrat.Sementara itu, dalam sambutan Bupati Sigi yang dibacakan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Andi Ilham menyampaikan bahwa besar harapan Pemerintah kemitraan dan sinergitas antara legislatif dan eksekutif di Sigi terus berjalan dengan baik.

BACA JUGA  Sejarah Lahirnya BUMN Indonesia, Dari Monopoli Menuju Efisiensi dan Pertumbuhan

“Kepada Eliyanti agar segera melakukan penyesuaian diri untuk mengemban amanah rakyat, agar dapat menjadi penambah spirit dalam pembangunan demokrasi,” ujarnya.

Keberadaan Eliyanti sebagai PAW tentu memberikan warna baru dan semangat baru bagi DPRD untuk terus berkarya dan bekerja dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat dan juga melakukan pengawasan dan sebagai mitra pemerintah.(*)