, - Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfo) Sulawesi Tengah melaksanakan sosialisasi digitalisasi siaran pertelevisian melalui () 2022 dan Peran UMKM di Era Digital, Kamis 14 April 2022.

Dalam kesempatan ini, mewakili Kadis, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo , Hasim R S.Kom M.Si, mengatakan perubahan siaran TV Analog ke Digital merupakan program nasional berdasarkan Undang-Undang Cipta Kerja (ciptaker) Tahun 2020.

“Pemerintah dan pihak swasta memberikan bantuan perangkat Set Top Box gratis kepada masyarakat miskin dengan syarat terdata di DTKS, memiliki KTP elektronik dan masuk ke wilayah ASO,” ucap Hasim.

Adapun sosialisasi kali ini dilaksanakan menggandeng Silalambot Desa Sabang dipusatkan di Aula Sekretariat PPK Dampelas, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah.

BACA JUGA  Anies Baswedan Ungguli Ganjar

Hasim melanjutkan, beberapa faktor yang ditetapkan pemerintah melakukan digitalisasi yaitu: () Untuk meningkatkan siaran televisi yang lebih baik. (2) Meningkatkan kemampuan multimedia dengan dukungan internet berkecepatan tinggi sehingga dapat mempercepat penyebaran informasi. (3) Meningkatkan efisiensi transmisi.

Camat Dampelas Arwin, menyampaikan sosialisasi dilakukan untuk memberikan pemahaman guna mencegah kesalahpahaman atas perubahan atau migrasi TV analog ke . Oleh karena itu, peralihan teknologi TV Analog ke- dilakukan untuk menyalurkan informasi pertelevisian yang lebih efisien.

Sementar aitu, Ketua Kadin Donggala, Rahmad M Arsyad, menyampaikan materi terkait peran UMKM di era digital. Disebutkan, saat ini Pemerintah Sulawesi Tengah telah bekerja sama dengan Bukalapak.com untuk meningkatkan kesejahteraan UMKM di era digital.

BACA JUGA  Tingkatkan Kapasitas Kader, BPKK Gelar Pelatihan MC

Oleh karena itu, kemunculan E-commerce di tengah era digital juga dapat memperluas pasar penjualan UMKM yang sedang berjalan. Peluang serupa harus dimanfaatkan di era teknologi digitaal saat ini.

“Untuk mengurangi hambatan transaksi di era digital, pemerintah terus berupaya memperluas jaringan internet demi mendukung perkembangan pasar digital yang dikerjakan oleh pelaku digital sehingga tidak ada lagi yang kehilangan calon pembeli,” ujar Rahmad. (*)