Madika, Palu- Balai Monitor (Balmon) Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Palu melaksanakan Sosialisasi (ASO) atau migrasi siaran TV Analog ke Digital, Kamis 21 April 2022.

Sosialisasi menyasar puluhan lurah, kepala desa (kades) dan camat di wilayah Kota Palu dan Sigi. Balmon Palu menghadirkan narasumber Kepala Diskominfo Provinsi diwakili Kabid Informasi dan Komunikasi Publik (IKP), Hasim R, Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi , Indra A Yosvidar, Ketua LPP TVRI dan perwakilan MNC TV.

Kepala Balmon Palu, Hermanto, menerangkan pelaksanaan ASO merupakan amanat UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Kementerian Komunikasi dan Informatika RI melalui perangkatnya mendapat tugas menghentikan siaran TV Analog untuk beralih kesiaran Digital.

BACA JUGA  IKA Teknik Untad Diharap Mampu Berkolaborasi Membangun Daerah

“Termaktub pula dalam PP Nomor 46 Tahun 2021 tentang Pos Telekomunikasi dan Penyiaran Pasal 72 angka 8 yang menyatakan migrasi penyiaran dari TV Analog ke TV Digital atau ASO harus diselesaikan paling lambat dua tahun sejak diundangkannya UU Cipta Kerja,” terangnya.

Olehnya, Hermanto mengharapkan camat, lurah dan kepala desa yang ada diwilayah Kota Palu dan Sigi untuk ikut membantu pemerintah pusat dalam menyosialisasikan Migrasi TV analog ke TV digital. Dengan begitu program pemerintah yaitu ASO dapat terlaksana dengan baik.

“Kami berharap bahwa pelaksanaan migrasi TV analog ke TV digital dapat berhasil 100%” ucap Hermanto.

Hermanto mengungkapkan pelaksanaan ASO sendiri terbagi tiga tahap yaitu, pertama akan dimulai pada 30 April 2022 di 56 wilayah siaran yang terdiri atas 166 /kota secara nasional.
Tahap kedua akan dilaksanakan paling lambat tanggal 25 Agustus 2022 di 31 wilayah siaran di 110 kabupaten/kota. Tahap terakhir pada November 2022 dengan target 100% pelaksanaan di semua wilayah penyiaran.

BACA JUGA  Pansus Ranperda Bangunan Gedung Konsultasi ke PUPR

Diingatkan seluruh masyarakat Kota Palu dan Kabupaten Sigi yang masuk dalam tahap pertama pelaksanaan ASO pada 30 April 2022, siap dalam menerima migrasi TV analog ke TV digital.
Dalam sosialisasi ini, Hasim membawakan materi: “Peran Diskominfo dalam Mendorong Pelaksanaan ASO”. Sementara Indra Yosvidar memaparkan: “Migrasi Siaran TV Anolog ke TV Digital”. Adapun kegiatan dibuka Asisten dan Pembangunan Setdakot Palu, dr . (*)