, - Gubernur dan Wakil Gubernur Rusdi Mastura-Ma'mun Amir, menunaikan janji politikanya memberi bantuan kepada masyarakat miskin di daerah ini. Bantuan tersebut sebesar Rp1 juta untuk masing-masing penerima yang mulai disalurkan sejak 26 April 2022.

“Ini janji politiknya beliau saat kampanye Pilkada lalu yang bertujuan membantu masyarakat kurang mampu,” ujar Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi , Siti Hasbia N Zaenong, Rabu 27 April 2022.

Hasbia menerangkan bantuan yang disalurkan ini untuk tahap pertama menyasar 10.000 KK warga miskin dengan total anggaran sebesar Rp10 miliar. Penyalurannya dilakukan secara serentak melalui Bank di seluruh kabupaten/kota Sesulawesi Tengah.

“Jadi penerima yang mendatangi Bank dengan membawa buku rekening dan KK,” terang Hasbia.

BACA JUGA  Pemprov: Jelang Lebaran Harga Pangan Menurun

Dia memastikan dalam proses penyaluran bantuan Gubernur Sulteng tidak ada pemotongan. Olehnya diingatkan pihak-pihak terkait jangan memanfaatkan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan pribadi atau kelompok.

Hasbia menuturkan untuk tahap kedua, Pemprov akan kembali menyalurkan bantuan serupa menyasar 19.924 rumah tangga miskin dengan total anggaran yang lebih banyak yakni sebesar Rp19 miliar.

“Jadi kita bikin bertahap penyalurannya karena keterbatasan anggaran, nanti Desember lagi tahap kedua melalui ,” tuturnya.

Selanjutnya untuk penyaluran tahap tiga dan seterusnya akan dilakukan pada tahun anggaran berikutnya pada 2023 mendatang. Diupayakan bantuan gubernur bisa dirasakan banyak masyarakat dengan status rumah tangga miskin.

Hasibia mengharapkan bantuan Gubernur Rusdi Mastura dapat membantu pemenuhan kebutuhan dasar penerima, khususnya momentum Idulfitri 1443 H/2022 M yang tinggal menghitung hari.

BACA JUGA  Pemprov Pastikan Tak Ada Mudik Gratis Lebaran

“Begitu tujuan pak gubernur dan wakil gubernur agar masyarakat bisa memenuhi kebutuhan dasar saat Idulfitri. Dengan begitu penerima bantuan bisa ikut merasakan kebahagiaan Idulfitri,” pungkasnya. (*)