Madika, Mamuju- Bencana Alam Gempa Bumi yang menguncang daerah Majene dan Mamuju Sulbar dalam 2 hari secara berturut-turut, Kamis – Jum'at (14-15/1/2021) telah menimbulkan banyak kerusakan, gedung kantor, hotel, fasilitas kesehatan banyak yang hancur dan rubuh serta jatuhnya sejumlah korban jiwa.

Berdasarkan data dari Pusat Pengendali Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (Pusdalops BNPB) melaporkan jumlah korban meninggal dunia akibat gempa di Mamuju dan Majene, Sulawesi hingga Jumat (kemarin-15/1/2021) sebanyak 42 orang. Jalur Palu – Mamuju cukup aman walaupun ada beberapa titik longsor akibat hujan yang mengguyur wilayah Mamuju.

Relawan PKS bertindak sigap dan bergerak cepat menuju lokasi bencana. Sabtu pagi, (16/1/2021) relawan PKS tiba di posko tanggap bencana gempa kantor Sulawesi . Rombongan relawan yang berangkat dari Palu diterima langsung oleh Yuki Permana, Ketua Sulbar.

BACA JUGA  PKBI JMK OXFAM Distribusi Sembako Untuk Kelompok Rentan

“Terima kasih kami sampaikan kepada seluruh Kader PKS dan masyarakat yang telah peduli terhadap korban gempa, semoga amal kebaikannya berkah dan bermanfaat serta dibalas oleh Allah SWT,” ucap Yuki Permana yang pernah menjadi anggota DPRD Provinsi Sulbar periode 2014-2019.

Dalam respon bencana gempa Mamuju, , Takwin juga ikut bersama relawan PKS Sulteng.

Takwin menceritakan bahwa bantuan sempat dijarah oleh warga saat rombongan PKS melintas sebelum masuk Kota Mamuju, seperti dalam video yang sudah banyak beredar.

Namun informasi terkini dari lapangan, telah dilakukan pembersihan masyarakat yang melakukan penghadangan terhadap kendaraan yang membawa logistik bantuan disepanjang jalan poros Mamuju – Palu yang dipimpin oleh Karo OPS Sulbar Kombespol Muhammad Helmy, S.I.K jadi situasi aman terkendali.

BACA JUGA  Diskominfo Sulteng Sambangi Penyintas di Pombewe

“Semangat kebersamaan dari seluruh elemen masyarakat sangat luar biasa untuk saling membantu dan meringankan beban para korban,” kata Takwin.

Tak lupa Takwin juga menyampaikan bela sungkawa yang mendalam kepada seluruh korban gempa. Dan dalam kesempatan itu, Takwin juga menyerahkan secara simbolis bantuan logistik yang diterima oleh Ketua DPW PKS Sulbar, Yuki Permana.

Sementara itu relawan PKS Sulteng merilis beberapa daftar kebutuhan mendesak dilokasi bencana gempa sebagai berikut: BBM, solar, premium, air minum, tenda, terpal, selimut, veltbed, genset, alat penerang, bahan makanan, makanan bayi dan anak, jas huja, obat-obatan, multivitamin dan dapur umum.(Redaksi)