Madika, Jakarta – Membangun integritas dan transparansi untuk kemajuan (), terus dilakukan para pimpinan dan anggota DPRD .

Salah satu upayanya dengan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Tugas dan Fungsi Anggota DPRD dalam pembangunan.

Kegiatan yang berlangsung di Jakarta, mulai dari tanggal 18 hingga 21 Mei 2023, diikuti oleh Ketua DPRD , Dr. Hj Nilam Sari Lawira beserta unsur pimpinan lainnya, yakni Wakil Ketua I HM Arus Abdul Karim, Wakil Ketua II Hj Zalzulmida A Djanggola serta seluruh anggota DPRD Sulteng, termasuk Sekprov Sulteng, Dra. Novalina.

Kegiatan yang difasilitasi oleh , mendapatkan materi yang membahas tentang pencegahan dan yang terintegrasi dengan Pemerintah Daerah, serta materi tentang peningkatan penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2023 dalam perspektif perencanaan anggaran daerah.

BACA JUGA  Jangan Tergesa-gesa Usulkan PAW Ketua DPRD

Kegiatan yang sangat strategis ini, pada sesi pertama, menghadirkan nara sumber dari Komisi () RI, yaitu Koordinator dan Supervisi Wilayah IV RI, Basuki Haryono.

Dalam paparannya, Basuki dengan tegas menyampaikan upaya pencegahan korupsi yang dilakukan oleh KPK RI dalam beberapa tahun terakhir, termasuk memaparkan data jumlah kasus operasi tangkap tangan (OTT) yang berhasil dilakukan oleh KPK RI.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Rektor Universitas Budi Luhir, Prof. Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc., sebagai pihak penyelenggara yang bekerja sama dengan dalam menggelar kegiatan rutin tahunan DPRD Sulteng.

Lebih lanjut, Basuki menguraikan praktik-praktik yang harus dihindari dalam proses perencanaan dan penganggaran APBD. “Jangan sampai ada uang ketok palu” dan uang lainnya, kata Basuki, termasuk dalam pembahasan dana Pokir.

BACA JUGA  Alimuddin Paada: Seniman Harus Mampu Berdiri Sendiri

Dalam sesi tanya jawab, sejumlah peserta Bimtek mengajukan sejumlah pertanyaan, terutama terkait anggaran dan Pokir, serta beberapa persoalan lainnya yang selama ini menjadi tanda tanya besar.

Mendapat sejumlah pertanyaan tersebut, Basuki menjawab satu per satu pertanyaan yang diajukan, memberikan pemahaman dan penjelasan yang mendalam kepada para anggota DPRD Sulteng.

Penulis : Redaksi