Madika, Palu – telah mencanangkan Imunisasi HPV dan untuk anak-anak Sekolah Dasar dan , Rabu (16/8/2023).

Imunisasi HPV bertujuan untuk mengurangi risiko kanker serviks, sementara imunisasi dilakukan untuk mengurangi beban penyakit diare.

Keduanya merupakan program nasional Kementerian Kesehatan untuk deteksi dini, pencegahan, dan respon terhadap penyakit yang dapat dihindari melalui imunisasi.

Imunisasi akan dilakukan di Sekolah Dasar, Posyandu, dan fasilitas kesehatan lainnya di Kota Palu. Targetnya adalah anak usia 11-12 tahun untuk HPV dan usia 2-4 bulan untuk Rotavirus.

Sekretaris , Ilham, mengatakan mengapresiasi program pemerintah pusat tersebut sehingga membantu dalam melindungi segenap masyarakat kota Palu terutama anak-anak.

BACA JUGA  115 Orang di Palu Meninggal Karena AIDS, 1.486 Terkonfirmasi Mengidap HIV/AIDS

“Benar sekali, prinsip ini sangat penting dalam bidang kesehatan. Melalui imunisasi, kita dapat mencegah penyakit-penyakit tertentu sebelum mereka bahkan memiliki kesempatan untuk berkembang dan menyebabkan masalah yang lebih serius. Tindakan pencegahan ini jauh lebih efektif dan berpotensi menghemat biaya, waktu, dan penderitaan yang akan timbul akibat penyakit tersebut, “Ujarnya.

Ia mengatakan program imunisasi di Kota Palu akan menargetkan seluruh anak usia 11-12 tahun untuk imunisasi HPV guna mencegah kanker serviks, serta usia 2-4 bulan untuk imunisasi Rotavirus demi mengurangi risiko penyakit diare.

Orientasi saat ini adalah untuk mencakup seluruh anak sekolah usia 11-12 tahun dalam program imunisasi HPV, dan bayi berusia 2-4 bulan dalam program imunisasi Rotavirus. Ini adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan masyarakat, terutama di kalangan anak-anak.

BACA JUGA  Pemkot Palu Disebut Tergesa-gesa Mengejar Adipura

Sementara wewakili Asisten Bidang dan Pembangunan Kesra Setda Kota Palu, dr. Husaema mengimbau orang tua dan wali murid untuk mendukung program imunisasi ini.

“Partisipasi aktif dari orang tua dan wali murid sangat penting. Mengingat bahwa kesehatan anak-anak adalah tanggung jawab bersama, dukungan dari masyarakat secara keseluruhan akan membantu menjamin keberhasilan program imunisasi HPV dan Rotavirus di Kota Palu”Jelasnya.

Penulis : Qila