Madika, – Masih rendahnya pemahaman masyarakat akan pentingnya Kartu Indentitas Anak (KIA) menginisiasi salah satu anggota , , untuk ambil andil mengedukasi manfaat dari KIA.

Upaya itu dilakukannya melalui atau jaring aspirasi, di masa persidangan caturwulan pertama pada Selasa, (02/03/2021) sore dengan menghadirkan masyarakat dari pelbagai kalangan di Kecamatan Timur – Mantikulore.

Antusiasme masyarakat pun terlihat saat mendengar penjelasan Alfrin magdalena, selaku Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil Kota yang turut hadir.

Dijelaskan, ada banyak manfaat dari KIA diantaranya mempermudah anak untuk urusan pelayanan publik seperti , membuka rekening bank serta membeli tiket pesawat.

Syarat yang harus dimiliki juga cukuplah mudah. Setiap anak orang tua yang ingin anaknya mendapatkan KIA hanya perlu membawa akta kelahiran.

Dalam sendiri, Rusman turut menghadirkan Ketua Anak Kota Palu, sebagai bentuk dukungan penuh atas Perda tentang Pelenggaraan Perlindungan dan Pemenuhan Hak Anak yang baru- baru ini telah disahkan dan ditandatangani oleh Walikota Palu bersama Pimpinan DPRD Kota Palu.

BACA JUGA  DPRD Sigi Sepakati Rencana Awal RPJMD

“Alhamdulillah, di titik pertama masyarakat cukup antusias hadir meski dalam kondisi Pandemi,”kata Rusman.

Sejumlah Aspirasi dituliskan masyarakat diantaranya, bantuan perlengkapan kebutuhan usaha mikro, penerangan lampu di Lorong-Lorong Jalan Tombolotutu, perbaikan saluran Air/Drainase, tempat pembuangan sampah / pengolalahan sampah di Kelurahan, serta kelangkaan gas 3 kg.

“Aspirasi yang disampaikan masyakarat pada saat reses, nantinya akan dituangkan dalam pokok-pokok pikiran (pokir) anggota DPRD Kota Palu, yang mana salah satu bahan dalam penyusunan RKPD dalam setiap tahunnya adalah Pokir DPRD.”pungkasnya.

Selain mengedukasi serta menyerap aspirasi masyarakat. Pada reses ini, Rusman turut membagikan paket sembako yang telah disepakati sebagai pengganti makan minum.(Sob)