Madika, Palu – Menyikapi kasus lalu lintas yang sering terjadi di jalan menuju puncak salena. Anggota , mengusulkan beberapa solusi agar dapat ditindaklanjuti , khususnya dinas terkait usai mengunjungi langsung lokasi tersebut.

Nanang menjelaskan, solusi pertama adalah mengatur standar prosedur kendaraan yang diperbolehkan untuk naik ke puncak salena. Diakuinya, meski akses jalan menuju lokasi terbilang bagus. Namun, medan yang harus dilalui pengendara terbilang sangat ekstrim. Terlebih arah kembali dari puncak.

“Kita sudah liat sendiri bagaimana tadi kondisinya. Akses jalan memang bagus, tapi medan yang dilalui terbilang ekstrim. Apalagi kalau kembali dari arah puncak, penurunannya sangat terjal. Jadi harus ada standar kendaraan yang diperbolehkan untuk naik atau tidak. Dinas terkait harus berperan disini,”katanya.

BACA JUGA  Jaksa Bidik Dugaan Korupsi Anggaran Makan Minum Popda Donggala

Jika penerapan standar kendaraan diberlakukan di lokasi ini. Maka hal itu akan berdampak kemasyarakatan sekitar, sehingga dapat memutar roda .

Tugu prasasti puncak salena yang terletak di . Foto : Redaksi.

“Nanti seperti apa mekanisme dari dinas. Yang jelas, kendaraan seperti motor matic itu distop sampai di palang. Kemudian ada kendaraan khusus memuat penguju ke puncak. Jadi, masyarakat di sekitar diberdayakan. “lanjut Nanang, yang juga Ketua PKB DPRD Palu.

Diakuinya, standar keamanan pada akses menuju puncak perlu dibenahi. Sebab dari pantauan langsung di lapangan, sepanjang sisi kiri dan kanan jalan masih minim pembatas dan rambu lalulintas.

“Kebetulan mitra saya di DPRD adalah dinas perhubungan dan pekerjaan umum. Insya Allah dalam waktu dekat akan saya sampaikan ke mereka. Karena percuma jika lokasi sebagus ini, tapi tingkat keamanan bagi masyarakat dan pengujung sangat minim,”tandasnya.

BACA JUGA  Pertanyakan Hibah Lahan 25 Hektar di TPA Kawatuna, DPRD undang Mantan Kadis Kebersihan Palu

Puncak salena sendiri menjadi salah satu lokasi wisata yang digemari masyarakat Palu. Selain menawarkan keindahan alam, di lokasi tersebut masyarakat bisa melihat langsung dari ketinggian.(Sob)