Madika, Laut – Hasna (32), seorang ibu rumah tangga dari Desa Tinakin Laut, Kecamatan , Kabupaten Laut, mengeluhkan lambatnya bantuan untuk mengembangkan usaha nelayan di desanya. Meski sudah berkali-kali didata, bantuan perikanan yang dijanjikan tak pernah terealisasi.

“Kita butuh bantuan untuk tingkatkan ekonomi, kita butuh karamba yang bagus untuk budidaya ikan. Selama ini kita cuma didata saja, tapi tidak ada juga bantuan yang terealisasi,” ujar Hasna sambil duduk di atas karamba bersama anak laki-lakinya yang sedang membersihkan ikan segar.

Hasna dan keluarganya bergantung pada penghasilan suaminya sebagai nelayan. Namun, hasil tangkapan hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Saat hasil tangkapan melimpah, mereka justru kesulitan memasarkan ikan karena pabrik dan pasar setempat seringkali penuh.

BACA JUGA  Ketua AMPG Sulteng Minta Proses PAW Kader yang Membelot Segera Dilakukan

“Kalau lagi ikan, pabrik tidak menerima, di pasar juga banyak ikan. Jadi, kalau ikan , harga jualnya murah sekali, kadang kita kasih-kasih ke tetangga saja,” keluh Hasna.

Hasna berharap adanya industri besar yang bisa menampung hasil tangkapan nelayan, sehingga mereka tidak kesulitan memasarkan ikan. “Kalau boleh, ada pabrik lagi supaya ibu-ibu juga tidak susah mau buang ikan ke mana,” tambahnya.

Sementara itu, bakal calon Sulawesi Tengah, Ahmad Ali, yang sedang melakukan safari politik di Kabupaten Banggai Laut, meyakini bahwa nelayan di daerah ini bisa menjadi tulang punggung pertumbuhan ekonomi jika mendukung dengan fasilitas dan jaminan kesejahteraan.

Ahmad Ali menyempatkan diri bertemu masyarakat nelayan di Desa Tinakin Laut sebelum melanjutkan pertemuan di Desa Lokotoy, Kecamatan Banggai Utara, dan Desa Dodung, Kecamatan Banggai.

BACA JUGA  Ahmad Ali Jadi "Ayah" Bagi Penyandang Disabilitas Palu

“Selama ini nelayan dipandang sebagai profesi yang tidak menjanjikan karena tidak hadir untuk melindungi dan menjamin para nelayan,” ujarnya.

Menurut Ahmad Ali, dengan kehadiran industri perikanan di Banggai Laut, nelayan tidak akan kesulitan memasarkan hasil tangkapan dan harga tidak akan dikendalikan oleh tengkulak.

“Saya ingin menghadirkan industri perikanan di Banggai Laut. Ikan dari Banggai Laut harus langsung bisa terbang ke Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan dukungan infrastruktur dari pemerintah,” katanya.

Ahmad Ali juga berjanji untuk melengkapi alat tangkap yang memenuhi standar modern dan membangun pabrik es di Banggai Laut.

“Saya ingin para nelayan di sini menjadi nelayan modern, ada industri perikanan dan pengalengan. Dengan kolaborasi antara pemerintah kabupaten dan provinsi, program ini bisa berjalan,” jelasnya.

BACA JUGA  Ribuan Warga Sambut Ahmad Ali di Ampana Kota dalam Konser Beramal

Ahmad Ali yakin bahwa dengan menjadikan Badan Usaha Milik Daerah () sebagai bapak angkat nelayan, potensi perikanan di Sulawesi Tengah, khususnya di Banggai Laut, akan berkembang lebih baik dan mensejahterakan para nelayan.