, - Rancangan Rencana Kerja Daerah (RKPD) Provinsi Suletng pada 2023 untuk peningkatan produktivitas pertumbuhan ekonomi yang berkualitas. Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng, H Faizal Mang, mengungkapkan sasaran RKPD tersebut dari peningkatan pertumbuhan ekonomi hingga Nilai tukar petani (NTP).

Dikatakan, RKPD 2023 yang akan dirumuskan bersama merupakan tahun kedua pelaksanaan periodesasi RPJMD Provinsi Tahun 2021-2026. Olehnya diperlukan perencanaan maupun strategi bersama berupa langkah-langkah menyeluruh di segala aspek dan bidang pembangunan guna tercapainya visi Provinsi yaitu “Gerak Cepat Menuju Sulteng Lebih Sejahtera dan Lebih Maju”.

“Capaian laju tahun 2021 sebesar 11,70 persen jauh di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional yang hanya 3,69 persen,” ucap Faizal.

Faizal menuturkan perbaikan pembangunan di juga direfleksikan melalui indikator IPM atau indeks pembangunan manusia yakni 69,55 poin pada tahun 2020 menjadi 69,79 poin pada tahun 2021.

BACA JUGA  Pemprov Sulteng Ajak Warga Jadi Motor Penggerak Percepat Penurunan Stunting

“Tapi itu masih lebih rendah dari capaian nasional pada tahun 2021 sebesar 72,29 poin,” tandasnya.

Adapun kegiatan ini diikuti Bappeda /kota se Provinsi Sulteng yang dimaksudkan untuk terwujudnya singkronisasi pelaksanaan keputusan pemerintahan daerah. Tujuannya untuk merumuskan program kegiatan sesuai tugas dan fungsi perangkat daerah dalam rangka pencapaian tujuan, sasaran dan target pembangunan daerah. Kemudian untuk terbangunnya sinergitas dan keselarasan perencanaan pembangunan antara provinsi dan /kota. (*)