Madika, berperan penting dalam pembangunan peradaban manusia, pelbagai percepatan dan kemajuan disegala bidang tidak lepas dari upaya-upaya yang serius dalam mengelola .

Merujuk pada UU No. 20 Th 2003 tentang Sistem Nasional PP 17 Th 2010 dan PP 66 thn 2010 tentang pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan, maka peran komite sebagai badan pertimbangan, pengarahan, dan pengawasan akademik.

Maka untuk meningkatkan jalinan kerjasama dan silaturrahmi antara Komite Sekolah, para guru dan orang tua/wali peserta didik, MTsN 1 menggelar rapat komite. Ada pun peserta rapat adalah orang tua/wali peserta didik baru Tahun Pelajaran 2022/2023 atau kelas VII.

Kegiatan tersebut digelar di Ruang Kelas MTsN 1 , pada Sabtu (04/06/2022).Selain orang tua/wali peserta didik baru, rapat juga dihadiri Kepala MTsN 1 , Hj. Rusdiana, S.Pd., M.Pd, Ketua Komite Dr. Muhammad Jamhari, M.Pd, Wakamad dan Panitia PPDB MTsN 1 Kota dan salah satu Dewan Penasehat Komite, Rusman Ramli, ST., MM.

BACA JUGA  Polda Sulteng Tanam 5.690 Bibit Pohon untuk Menyemarakan HUT RI ke 78

Kepala MTsN 1 Kota , Hj. Rusdiana, S.Pd., M.Pd dalam sambutannya mengatakan, ia sangat bersyukur dan mengucapkan terima kasih atas kepercayaan para orang tua wali siswa yang sudah memilih MTsN 1 Palu sebagai tempat melanjutkan pendidikan anak-anaknya. Selanjutnya Rusdiana juga memaparkan berbagai capaian prestasi yang ditorehkan oleh peserta didik dan juga kemampuan mempertahankan Akreditasi “A” unggulan serta program ekstrakurikuler diantaranya Program Tahfiz dan Tv Channel MTsN 1 Palu.

“Syukur alhamdulillah, saya selaku kepala madrasah mengucapkan terima kasih atas kehadirannya dan selamat datang kami ucapkan kepada bapak ibu/wali siswa peserta didik tahun ajaran 2022/2023. Semoga dengan pertemuan ini kita dapat bekerja sama membangun MTsN 1 Palu ini dan mohon maaf karena jumlah yang diterima sangat terbatas hanya untuk 5 kelas saja,” ungkap Kepala Madrasah yang menjabat sejak tahun 2019.

Sementara itu, Rusman Ramli, ST.,MM selaku Dewan Penasehat Komite yang didaulat menjadi pembicara kedua menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada Ibu Kepala Madrasah, Bapak/Ibu Guru Tenaga Pendidik yang telah menjadikan MTsN 1 Palu sebagai sekolah yang bermutu dan berkarakter, sehingga menjadi pilihan yang tepat bagi orang tua untuk melanjutkan pendidikan menengah pertama anak-anaknya.

BACA JUGA  Gempa Hari Ini : Sumur Banten Diguncang Gempa magnitudo 5,4, Tidak Berpotensi Tsunami

“Sekolah sangat membutuhkan kolaborasi peran dan kerjasama yang baik dengan berbagai pihak demi percepatan dan kemajuan, termasuk di dalamnya adalah orang tua, masyarakat, dan institusi ataupun lembaga lainnya,” harap Rusman yang juga merupakan Anggota Kota Palu 2 periode ini.

Selanjutnya Ketua Komite MTsN 1 Palu, Dr. Muhammad Jamhari, MPd menjelaskan bahwa untuk menunjang Kegiatan Belajar Mengajar di MTsN 1 Kota Palu, pihak Madrasah bersama Komite Madrasah merasa perlu untuk mengundang orang tua/wali dari siswa untuk bersilaturrahmi serta duduk bersama membahas kegiatan yang ada di MTsN 1 Kota Palu tersebut, terutama para orang tua/ wali dari kelas VII yang merupakan siswa baru di MTsN 1 Kota Palu

“Rapat ini sangat penting untuk membahas pembangunan dan kelancaran KBM di madrasah ini,” tegasnya.

BACA JUGA  Dukungan Moril GPB untuk Meningkatkan Semangat Kesembuhan Korban Pemerkosaan di Parigi

Selanjutnya, Ketua Komite juga memberikan masukan tentang persetujuan dari orang tua siswa dan berdiskusi dengan orang tua/wali peserta didik yang notabene berasal dari berbagai kalangan terkait dengan kegiatan unggulan madrasah yang belum tercover pembiayaannya melalui dana BOS.Berbagai masukan diberikan dari sekolah dan juga dari para orang tua siswa.

Rapat Komite yang diadakan terbuka untuk orang tua peserta didik ini telah menghasilkan musyawarah bersama antara sekolah dan orang tua siswa.Acara Rapat dan Musyawarah tersebut di mulai pukul 08.00 Wita dan berakhir pada pukul 10.30 Wita dengan menghasilkan berbagai kesepakatan antara lain, pihak madrasah dan orang tua/wali murid sepakat dan komitmen untuk bersama-sama membangun MTsN 1 Kota Palu agar lebih maju dan lebih baik lagi melalui dukungan untuk pembangunan karakter peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler unggulan yang tentunya dengan pengawasan langsung dari Orang tua/wali maupun Komite Madrasah.(*)