, Palu- Pj Sekretaris Daerah , Moh Faizal Mang, mengungkapkan peta proses bisnis merupakan aset terpenting organisasi yang mengumpulkan seluruh informasi kedalam satu kesatuan dokumen atau database.

“Ruang lingkup peta proses bisnis dilaksanakan oleh seluruh perangkat daerah lingkup daerah sesuai dengan dokumen strategis dan rencana kerja perangkat daerah,” ungkap Faizal saat memimpin rapat awal penyusunan peta proses bisnis di Palu, Selasa 8 Februari 2022.

Dia mengatakan tujuan dari peta proses bisnis yaitu pertama agar organisasi mampu melaksanakan tugas fungsi secara efektif dan efisien. Kedua, mudah mengomunikasikan baik kepada pihak internal maupun eksternal mengenai peta proses bisnis yang dilakukan untuk mencapai tujuan visi dan misi.

BACA JUGA  Diskominfo Sulteng Sambangi Penyintas di Pombewe

Ketiga, memiliki aset yang dapat mengintegrasikan secara rinci mengenai proses bisnis yang dilakukan aset pengetahuan ini menjadi dasar pengambilan keputusan strategis terkait pengembangan organisasi, dan penilaian kinerja.

Adapun manfaat dari peta proses bisnis antara lain, mudah melihat potensi masalah yang ada didalam pelaksanaan suatu proses sehingga solusi penyampaian proses lebih terarah. Kemudian, memiliki standar pelaksanaan pekerjaan sehingga memudahkan dalam pengendalian dan mempertahankan kualitas pelaksanaan pekerjaan. Adapun penyusunan peta proses bisnis di lingkungan Pemda melalui empat tahapan yakni persiapan dan perencanaan, pengembangan, penerapan dan implementasi, serta pemantauan dan evaluasi.

“Ini bagian dari reformasi birokrasi yang merupakan prioritas utama pelaksanaan pembangunan nasional bertujuan untuk melakukan sistematik dan terencana menuju tatanan administrasi pemerintahan yang lebih baik,” tandas Faizal.

BACA JUGA  Reformasi Birokrasi, Kanwil Kemenkumham Sulteng Tandatangani Perjanjian & Pencanangan Zona Menuju WBK/WBBM

Kegiatan dihadiri Karo Organisasi Dr. Andi Kamal, Kadis Dra. Novalina, Kepala BPSDM Dr. Drs. Adidjoyo Dauda, Kasubid Pembinaan JF BKD Prihadi Saputra, Kasubag Keuangan BPKAD Hermanto, Kasubid Infrastruktur Bappeda Joice EA. (JT)