Madika, Palu- Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Sulawesi Tengah, Drs Arnold Firdaus MT, mengharapkan pengembangan kawasan agrowisata diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah ini.

Diketahui, salah satu kawasan agrowisata binaan Disnakertrans yaitu Unit Permukiman Transmigrasi (UPT) Bulupountu Jaya, Desa Sidera, , yang baru-baru ini dikunjungi Arnold.

“Pengembangan kawasan agrowisata kita harapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat , khususnya UPT Bulupountu Jaya,” ujar Arnold, Minggu 9 Januari 2022.

Arnold menuturkan pentingnya peran serta stakeholder dan tokoh masyarakat untuk mendukung UPT Bulupountu Jaya menjadi kawasan agrowisata. Dia menyampaikan perlunya optimalisasi kegiatan yang sudah dilaksanakan UPT Bulupountu Jaya dalam aspek sosial budaya, dan pengembangan sarana dan prasarana antara lain pengembangan sosial budaya yaitu integrasi sosial, pembinaan mental, spiritual dan pengadaan sarana .

Pengembangan mencakup bantuan bibit buah-buahan seperti anggur, mangga, pepaya california, kelapa kopior serta tanaman hidroponik. Pengembangan bidang peternakan berupa ternak kambing dan ternak sapi. Kemudian pengelolaan kelompok tani yang telah terbentuk.

BACA JUGA  Jelang lebaran, Pedagang Kue Kering Mulai Kebanjiran Pembeli

“Pengembangan sarana dan pra sarana seperti peningkatan jalan, drainase, sarana air bersih serta rumah ibadah,” tandas Arnold.

Dalam kunjungannya, Arnold didampingi Kepala Bidang Pembangunan Kawasan Transmigrasi dan Penataan Persebaran Penduduk serta Kepala Bidang Transmigrasi Dinas Nakertrans Sigi, juga segenap pejabat struktural Bidang Transmigrasi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulawesi Tengah. (JT)