Madika, – Dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas), Daerah (Pemkab) Donggala melalui Dinas Pengendalian Penduduk (PP) dan Keluarga Berencana (KB) Donggala, menggelar soaialisasi pertemuan penguatan peningkatan jejaring pelayanan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) jalur dan swasta tingkat Donggala tahun 2022.

Kegiatan situ mengusung tema “Ayo Cegah Stanting, Keluarga Bebas ”,  dilaksanakan di Halaman Kantor Camat Sindue,  Rabu 15 Juni 2022, dibuka oleh , Kasman Lassa dan turut dihadiri Kepala Dinas PP dan KB Kabupaten Donggala, Kaban Balitbang dan Kapolsek Sindue, Camat Sindue, Ketua TP-PKK Kabupaten Donggala, serta Ketua Pokja Kabupaten Donggala.

BACA JUGA  FKP dan RRI Diharap Berperan Dalam Kemajuan Sulteng

Dalam sambutannya , mengatakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) KB mempunyai tugas utama yaitu mengoptimalisasikan kerja-kerja BKKBN.

Dimana hal tersebut bertujuan, dalam rangka untuk menetralisir kerawanan penduduk terutama di Kabupaten Donggala yang berjumlah kurang lebih 334,225 jiwa.

“Sehingga diharapkan populasi penduduk yang cukup tinggi, bisa dikendalikan dengan baik melalui program KB,” jelas Bupati.

Sementara itu, Kepala Bidang PP dan KB Kabupaten Donggala, Listiyawati, selaku ketua panitia menyampaikan tujuan dilaksanakannya sosialisasi, yaitu untuk meningkatkan komitmen para pengelola program kependudukan, Keluarga Berencana dan pembangunan keluarga di Kabupaten Donggala tahun 2022.

Adapun peserta sosialisasi berjumlah 120 orang, yang  terdiri dari koordinator Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB)/Pembina Keluarga Berencana (), penyuluh Keluarga Berencana (KB), Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD), Sub. PPKBD dan aparat desa.

BACA JUGA  HIV/AIDS di Kota Palu Meningkat 184 Kasus, Homoseksualitas Salah Satu Penyebabnya

Untuk diketahui, kegiatan sosialisasi dilanjutkan dengan penyajian materi Kebijakan dan Strategi program pengendalian penduduk oleh Dr. Sitti Chaeriah Ahsan dan peninjauan tempat pelayanan pemasangan alat kontrasepsi KB Implan dan IUD atau KB Spiral. (*)