, Palu- , Sulawesi Tengah, berhasil menumbangkan tuan rumah UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jawa Barat, pada cabang taekwondo Pekan Seni Nasional (Pesona) ke- tahun 2022 yang diikuti Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) se-Indonesia.

“Iya, UIN Palu unggul pada cabang taekwondo kategori poomsae tunggal putri,” ucap Humas UIN Datokarama Muhdar Ibrahim, dihubungi dari Palu, Rabu (10/8).

Pada kategori poomsae tunggal putri, UIN Datokarama menurunkan bernama Firdha Nurul Aswa yang merupakan mahasiswi semester enam pada Fakultas Syariah.

Firdha bersaing dengan UIN Bandung serta 21 lainnya dari 21 PTKN pada babak penyisihan. Ia menampilkan jurus/poomsae taebaek dengan sempurna pada babak penyisihan tersebut.

BACA JUGA  Turnamen Tenis Lapangan Piala KPTA Palu, Jadi Ajang Mencari Bibit Unggul Tenis

Kemampuannya untuk konsentrasi dan percaya diri dalam menampilkan jurus taebaek, membuat ia lolos ke babak semi final.

Begitu pula dengan Atlet UIN Bandung yang berhasil lolos ke babak yang sama.

Di babak semi final, Firdha mulai menunjukkan seluruh kemampuannya dan lebih percaya diri menampilkan jurus poomsae pyongwon dan koryo, saat bersaing dengan 11 atlet dari 11 PTKN termasuk UIN Bandung pada babak tersebut.

Peragaan jurus yang sempurna dilakukan Firdha pada pertandingan tersebut, mengantarkan dirinya lolos ke babak final.

Firdha yang telah lama berkecimpun di dunia bela diri melalui Club Taekwondo Family Palu, berhasil meraih 7.420 poin pada babak final, menumbangkan atlet UIN Bandung yang hanya mampu berada di peringkat empat dengan perolehan 7.180 poin.

BACA JUGA  Jalani Vaksinasi Perdana, Wabup Sigi : Tidak Sakit

Perolehan nilai tersebut sekaligus mencatatkan namanya sebagai atlet putri peraih medali emas untuk kategori poomsae tunggal putri cabang olahraga taekwondo pada Pesona I tahun 2022.

Firdha Nurul Aswa sebelumnya juga berhasil meraih medali emas pada kejuaraan nasional taekwondo bertajuk “Sentral Selebes III Taekwondo Open Tournamen Indonesia 2022” yang digelar di Palu, 29 – 31 Juli 2022.

Kementerian Agama melalui Direktorat Tinggi Keagamaan Islam (DIKTIS) menyelenggarakan Pesona I Tingkat Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) tahun 2022 yang dipusatkan di UIN Sunan Gunung Jati Bandung, Jawa Barat, 8 – 13 Agustus 2022.

Pesona merupakan ajang dua tahunan yang rutin dilaksanakan oleh Kementerian Agama, yang salah satu tujuannya untuk mengasah bakat dan minat mahasiswa/mahasiswi PTKN.(**)

BACA JUGA  Fairus: Maulid Nabi Sarat Nilai Moral