, - , Ma'mun Amir, mengatakan arsip dinamis merupakan salah satu sumber informasi publik. Olehnya diingatkan harus bersifat terbuka dan dapat diakses oleh setiap pengguna informasi publik.

“Tujuannya guna mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, akuntabel, berkualitas dan terpercaya,” ujarnya, Selasa 7 Juni 2022.

Strategi pengembangan perpustakaan dan arsip untuk memperkuat peranan dalam meningkatkan sumber daya manusia yang unggul sesuai dengan Visi Misi dan Wakil “Gerak Cepat Menuju yang lebih sejahtera dan lebih maju”. Hal tersebut melalui peningkatan kemampuan literasi untuk mewujudkan maju.

Menurutnya, penyelenggaraan sistem informasi kearsipan memegang peranan cukup penting terselenggaranya pemerintahan berbasis elektronik sebagaimana amanat Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

BACA JUGA  Enam Kabupaten di Sulteng Dapat Penghargaan

Kata Ma'mun, penggunaan aplikasi Srikandi yang digagas Dinas Perpustakaan dalam pengelolaan kearsipan menjadi salah satu upaya peningkatan kualitas kearsipan profesional sebagai langkah mendukung pemerintahan berbasis elektronik.

“Dengan diterapkannya aplikasi sistem informasi kearsipan Srikandi, kedepanya pengelolaan arsip lebih dinamis sesuai dengan kaidah kearsipan dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” ucap Wagub.

Diketahui, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusaka) memiliki inovasi berbasis aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi). Kepala Dispusaka Nyoman Sriadijaya, mengatakan hadirnya Srikandi untuk mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya khususnya bidang kearsipan dalam pengelolaan arsip untuk memberikan kemudahan, kepastian dan efektifitas informasi kearsipan dinamis terintegrasi.

Diyakini peranan cukup penting dalam terselenggaranya pemerintahan berbasis selektronik sebagaimana dituangkan dalam Peratutan Presiden No. 95 tahun 2018, dalam meningkatkan produktifitas, efektifitas, mempermudah pekerjaan dan bermanfaat serta dapat mewujudkan pengelolaan arsif yang profesional.

BACA JUGA  Diskominfo Sulteng Berupaya Nilai SPBE Capai Dua Digit

“Agar tujuan tersebut dapat terwujud maka pengaplikasian Srikandi menjadi salah satu upaya penting dalam meningkatkan moralitas kearsipan sebagai langkah mendukung pemerintahan berbasis elektronik (PBE) di lingkungan Pemerintahan ,” kata Nyoman Sriadijaya. (*)