, Palu- Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng, Dr. Rudi Dewanto, SE., MM, didampingi Kepala BPSDM Dr. Drs. Adidjoyo Dauda., M.Si membuka Kepemimpinan Administrator Angakatan X Tahun 2022, secara Virtual melalui Via Zoom Meeting di ruang Studio Kantor BPSDM, Selasa 2 Agustus 2022.

Dalam laporannya, Sub Koordinator Daerah Bagi Jabatan Pimpinan Tinggi dan Kepempimpinan Tingkat Menengah Santi Rimawati S.IP menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakannya ini adalah mengembangkan potensi peserta dalam rangka memenuhi standar kompetensi manajerial jabatan administrator sehingga dapat menjamin terlaksananya akuntabilitas jabatan administrator.

Selanjutnya, sasaran penyelenggaraan ini adalah peserta memiliki kemampuan dalam memimpin pelaksanaan kegiatan yang sudah direncanakan dengan baik dan efisien SOP dan terselenggaranya peningkatan organisasi secara berkesinambungan.

BACA JUGA  Dandy: Kurban Presiden Dibagikan ke 300 KK

Pelatihan kepemimpinan administrator angkatan X berlangsung selama kurang lebih 91 hari dimulai pada hari ini 2 Agustus 2022 sampai dengan 17 November 2022 yang dilaksanakan dengan metode blanded learning yaitu ; gabungan antara distance learning dan klasikal menggunakan ASN Unggul Sistem.

Peserta yang mengikuti pelatihan secara keseluruhan berjumlah 40 orang dengan rincian yakni ; laki-laki 23 orang dan perempuan 17 orang yang berasal dari daerah Sulawesi Tengah yaitu ; Provinsi 7 orang, Kota Palu 4 orang, Kab. Banggai 12 orang, Kab. Donggala 1 orang, Kab. Morowali 9 orang, Kab. Bangkep 3 orang, Kab. 3 orang dan Kab. 1 orang.

Sementara itu, Rudi Dewanto, mengatakan pembelajaran pelatihan kepemimpinan yang dirancang untuk kemampuan meningkatkan leadership birokrasi di sektor publik sesuai dengan kemampuan yang dikembangkan terutama untuk membekali para pemimpin sektor publik dalam memimpin proses di instansinya.

BACA JUGA  Pemprov Sulteng Kolaborasi dengan Yayasan Kesehatan Kanker Indonesia untuk Deteksi Dini Kanker

“Selaku pimpinan daerah, saya menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada BPSDM Provinsi Sulteng atas terselenggaranya pelatihan kepemimpinan administrator angakatan ke-10 tahun 2022 ini,” ucap Pj Sekda.

Selanjutnya, Rudy Dewanto juga menyampaikan bahwa dalam pelatihan kepemimpinan administrator ini, para pesrta akan dilatih meningkatkan kapasitas, merencanakan dan melaksanakan, mengelola konflik yang terjadi sebagai akibat perubahan dan memastikan perubahan berjalan sesuai dengan ekspektasinya.

Kedua, melahirkan gagasan perubahan kepada pimpinan dan stakeholder yang ada di instansinya.

Ketiga, mengimplementasikan aksi dalam perubahan leadership laboratory, mengelola proses perubahan yang sesungguhnya dibawah bimbingan mentor dan coach.

“Kualitas kepemimpinan tertinggi adalah integritas,” tutur Rudi.

Dia berpesan kepada para pejabat administrator yang akan mengikuti diklat agar serius, bukan sekedar untuk memenuhi persyaratan administratif atau formalitas semata. Ini sebagai upaya meningkatkan kualitas diri dan meningkatkan kinerja melalui dan pengembangan wawasan.

BACA JUGA  Dinas Cikasda Dipacu Realisasikan Anggaran

“Saya berharap melalui pelatihan ini, akan melahirkan para pemimpin perubahan yang dapat meningkatkan kualitas birokrasi dan mempercepat pelaksanaan reformasi birokrasi di provinsi sulawesi tengah maupun /Kota,” pungkas Rudi. (*)