Madika, Palu – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu meminta para untuk segera mendaftarkan tim kampanye.

“Penyetoran ini dilakukan melalui Sistem Informasi Kampanye dan Dana Kampanye (Sikadeka) 3 hari sebelum dimulainya masa kampanye, atau paling lambat pada 25 November 2023.”Ujar Koordinator Divisi Teknis Penyelenggara KPU Palu, Iskandar dalam rapat koordinasi (rakor) fasilitasi kampanye Pemilu 2024, Minggu (19/11/2023).

Iskandar menjelaskan bahwa ketentuan ini jugal berlaku dalam kampanye untuk pemilihan presiden dan wakil presiden,mengingat pemilihan presiden, DPR, DPD dan DPRD tidak menutup kemungkinan memiliki struktur kampanye di tingkat provinsi hingga kabupaten/kota.

Ia juga meminta untuk Melaporkan akun resmi media sosial calon .Menurutnya hal tersebut penting untuk mengawasi konten kampanye yang disebarkan. Ini juga memastikan transparansi dan kepatuhan terhadap aturan kampanye yang telah ditetapkan, serta mencegah penyebaran informasi yang mungkin melanggar regulasi yang berlaku.

BACA JUGA  KPU Palu Tidak Akan Tolerir Parpol yang Melewati Batas Waktu Pendaftaran

“Akun medsos paling banyak 20 akun. Semua dilaporkan dan jadwalnya sama, tiga hari sebelum masa kampanye. Format lengkapnya ada di PKPU,” tuturnya

Sementara Ketua KPU Kota Palu mengatakan Jelang pelaksanaan kampanye pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, KPU Palu juga membahas titik lokasi pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) dan Bahan Kampanye (BK).

“Untuk wilayah yang dibolehkan dan BK ini mengacu kepada peraturan daerah/perwali. Artinya penyusunan keputusan memerhatikan hasil koordinasi dengan pemerintah setempat,” jelas Ketua KPU Palu, .

menyebut fokus utama mereka lainnya dalam rakor perdana ini yaitu menyangkut biaya makan, minum dan transportasi dalam kampanye.

BACA JUGA  Kandidat Senator DPD RI Faizal Mang Daftar Ke KPU Sulteng

Saran dan masukan yang muncul dari stakeholder maupun partai akan ditindaklanjuti dalam rakor tingkat provinsi sebelum dituangkan dalam surat keputusan.

“Biaya makan, minum dan transportasi juga mengacu pada standar biaya di pemerintah daerah. Penyusunan draft keputusan ini lebih akomodatif. Hari ini pertemuan pertama, masukan yang ada akan kami bawa ke rakor tingkat provinsi besok,” ucapnya.

Dalam rapat koordinasi (rakor) fasilitasi kampanye Pemilu 2024 juga turut hadir stakeholder terkait, serta diikuti 33 peserta perwakilan 18 partai bertempat di Swiss Belhotel, Jalan Malonda, Kecamatan Ulujadi, Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Penulis : Qila

BACA JUGA  Dispusaka Sulteng Laksanakan Workshop GNSTA