Madika, Palu – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu meminta para untuk segera mendaftarkan tim kampanye.

“Penyetoran ini dilakukan melalui aplikasi Sistem Informasi Kampanye dan Dana Kampanye (Sikadeka) 3 hari sebelum dimulainya , atau paling lambat pada 25 November 2023.”Ujar Koordinator Divisi Teknis Penyelenggara KPU Palu, Iskandar dalam rapat koordinasi (rakor) fasilitasi kampanye 2024, Minggu (19/11/2023).

Iskandar menjelaskan bahwa ketentuan ini jugal berlaku dalam kampanye untuk dan wakil presiden,mengingat , DPR, DPD dan DPRD tidak menutup kemungkinan memiliki struktur kampanye di tingkat provinsi hingga kabupaten/kota.

Ia juga meminta untuk Melaporkan akun resmi media sosial calon .Menurutnya hal tersebut penting untuk mengawasi konten kampanye yang disebarkan. Ini juga memastikan transparansi dan kepatuhan terhadap aturan kampanye yang telah ditetapkan, serta mencegah penyebaran informasi yang mungkin melanggar regulasi yang berlaku.

BACA JUGA  Bawaslu Kota Palu Ingatkan Peserta Pemilu Untuk Menaati Tahapan Kampanye

“Akun medsos paling banyak 20 akun. Semua dilaporkan dan jadwalnya sama, tiga hari sebelum . Format lengkapnya ada di PKPU,” tuturnya

Sementara Ketua KPU Kota Palu Idrus mengatakan Jelang pelaksanaan kampanye pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, KPU Palu juga membahas titik lokasi pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) dan Bahan Kampanye (BK).

“Untuk wilayah yang dibolehkan pemasangan APK dan BK ini mengacu kepada peraturan daerah/perwali. Artinya penyusunan keputusan memerhatikan hasil koordinasi dengan pemerintah setempat,” jelas Ketua KPU Palu, Idrus.

Idrus menyebut fokus utama mereka lainnya dalam rakor perdana ini yaitu menyangkut biaya makan, minum dan transportasi dalam kampanye.

BACA JUGA  DPRD Gelar Paripurna Penyampaian Rekomendasi LKPJ Gubernur

Saran dan masukan yang muncul dari stakeholder maupun partai politik akan ditindaklanjuti dalam rakor tingkat provinsi sebelum dituangkan dalam surat keputusan.

“Biaya makan, minum dan transportasi juga mengacu pada standar biaya di pemerintah daerah. Penyusunan draft keputusan ini lebih akomodatif. Hari ini pertemuan pertama, masukan yang ada akan kami bawa ke rakor tingkat provinsi besok,” ucapnya.

Dalam rapat koordinasi (rakor) fasilitasi kampanye Pemilu 2024 juga turut hadir stakeholder terkait, serta diikuti 33 peserta perwakilan 18 partai politik bertempat di , Jalan Malonda, Kecamatan Ulujadi, Kota Palu, .

Penulis : Qila