Madika, Yoyakarta – Para anggota legislatif (Aleg) dari Partai Keadilan Sejahtera (), se-Sulawesi, mendapatkan tambahan wawasan, terkait teknis pengelolaan keuangan daerah yang berkaitan khusus Sistem informasi pemerintah daerah.

Materi tentang pengelolaan keuangan daerah tersebut, merupakan salah satu dari rangkaian beberapa materi, dalam kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Aleg , yang digelar Dewan Pengurus Pusat (DPP) Bidang Pembinaan Wilayah Sulawesi.

Ketua Partai Keadilan Sejahtera DPRD Provinsi Sulawesi Tengah, Hj Wiwik Jumatul Rofi'ah, SAg, MH, mengungkapka bahwa Bimtek dilaksanakan selama empat hari, sejak 5 hingga 8 April 2021. Seluruh Aleg PKS se-Sulawesi, termasuk empat anggota PKS DPRD Provinsi Sulawesi Tengah, mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) 2021 tersebut.

BACA JUGA  Setujui RPJMD, PKS Soroti Ketimpangan Pembangunan

“Bimtek dilaksanakan di Kota Gudeg, Daerah Istimewa Yogyakarta,” kata Bunda Wiwik, sapaan akrab Ketua PKS DPRD Provinsi Sulawesi Tengah, dalam rilis resmi Fraksi, Selasa (6 April 2021).

Menurutnya, dari berbagai materi yang disampaikan dalam Bimtek, intinya adalah materi yang terkait membangun manusia seutuhnya. Melalui materi-materi yang disajikan dalam Bimtek, diharapkan agar Aleg-aleg dari PKS, kian menyadari peran dan fungsinya. Baik dalam tugas-tugasnya sebagai anggota legislatif, maupun tugas dan tanggung jawabnya, sebagai wakil rakyat dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), yang sejak awal telah berkomitmen untuk melayani rakyat.

“Kesimpulannya, melalui Bimtek ini, yakni membangun manusia seutuhnya. Dimulakan dari membangun jiwanya, sebagaimana termaktub dalam lagu Indonesia raya,”kata Bunda Wiwik.

BACA JUGA  Peringati Hari Kartini, Ketua Fraksi PKS Minta Perempuan Perkuat Peran

Bimtek di kota yang juga dikenal dengan sebutan Kota Seni dan Budaya ini, dibuka oleh Ketua Fraksi PKS DPR RI, Jazuli Juwaini sebagai keynote speaker juga menghadirkan narasumber Penulis Buku Membangun Masyarakat Indonesia Seutuhnya Cahyadi Takariawan. Selain itu, Sekretaris Fraksi PKS DPR, Ledia Hanifa bersama Dr. Mardani Ali Sera juga akan memberikan pemaparan mengenai pentingnya check and balances di parlemen.

“Dengan komitmen yang tinggi, anggota legislatif PKS dari pusat hingga daerah harus siap menjadi garda terdepan dalam mengokohkan pelayanan dan pembelaan kepada rakyat. Dan untuk meringankan beban saudara kita yang tertimpa musibah banjir di NTT, Fraksi PKS kembali mengambil kebijakan pemotongan gaji anggota dewan PKS sebagai bentuk komitmen kepedulian kemanusiaan”, tegas Jazuli Juwaini yang mendapatkan penghargaan Anggota Parlemen Making News Person dan Outstanding Parliamentarian Award of Covid Care dalam Teropong Parlemen Award 2021.

BACA JUGA  Jadilah Pers yang Menangkal Hoaks, Mendidik dan Pilar Kokoh dalam Demokrasi

Muhammad Wahyuddin Ketua DPW PKS Sulteng, juga diundang secara khusus untuk hadir bersama anggota legislatif PKS dari Sulteng. Selain Ketua dan seluruh anggota Fraksi PKS , juga turut hadir, di antaranya Takwin dan Wakil Kota Palu, Moh. Rizal. (*)