, , Longki Djanggola, sebentar lagi meletakkan jabatannya sebagai . 10 Tahun memimpin pemerintahan, Longki Djanggola, menyampikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) kepala daerah tahun 2020 untuk terakhir kalinya.

Sesuai perundang-undangan, Longki Djanggola mengakhiri jabatannya pada 16 Juni 2021, setelah itu tampuk pemerintahan beralih di Rusdi Mastura. Karena itu, dalam paripurna , Selasa 13 April 2021 yang membahas nota pengantar LKPj kepala daerah tahun 2021, Longki Djanggola sekaligus berpamitan kepada seluruh anggota DPRD .

Dalam pengantar LKPj, menyampaikan pendapatan daerah tahun 2020 ditargetkan sebesar Rp4,06 triliun lebih, dapat direalisasikan sebesar Rp 4,193 triliun lebih atau melampui target sebesar 102,13 persen.

BACA JUGA  Pansus 3 DPRD Sulteng Finalisasikan Dua Ranperda

Demikian pula belanja daerah yang dianggarkan sebesar Rp4,5 triliun lebih, pada akhir tahun terealisasi senilai hampir Rp4,3 triliun atau sebesar Rp 94,38 persen.

Gubernur juga merinci soal belanja tidak langsung yang terdiri dari belanja pegawai, belanja hibah, belanja bantuan , belanja bagi hasil, belanja bantuan keuangan dan pengeluaran belanja tidak terduga.

Sedangkan dari sisi belanja langsung dilaporkan pada tahun anggaran 2020 ditargetkan sebesar Rp1,8 triliun lebih dan yang terealisasi senilai Rp1,7 triliun lebih atau terealisasi sebesar 95,29 persen.

Dalam rapat yang dipimoin Wakil Ketua DPRD Sulawesi Tengah, Muharram Nurdin, dihadiri hampir seluruh anggota dewan serta Sekretaris DPRD Hj Tuty Zarfiana, gubernur juga melaporkan soal anggaran tahun 2020 untuk tugas pembantuan yag bersumber dari APBN yang nilainya mencapai Rp121 miliar lebih dengan penyerapan mencapai 99,63 persen.

BACA JUGA  Bansum DPRD Sulteng Jadwalkan Agenda Persidangan ke Tiga

“Pada kesempatan yang baik ini, saya sebagai gubernur dua periode yang akan berakhir masa jabatannya pada 16 Juni 2021 mendatang, dengan segala kerendahan hati menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Sulawesi Tengah yang telah memberikan kepercayaannya kepada kami,” kata Longki Djanggola.

Tak lupa pula ia mengucapkan terimahkasih kepada pimpinan dan anggota DPRD Sulawesi Tengah atas sinergitas dan kerja samanya yang solid selama ini. Ia juga menyampaikan permohonan maaf seandainya ada cela, kekurangan dan kelemahan dalam proses tugas tugas koordinasi.(win)