Madika, Sigi – Pelbagai upaya meningkatkan kualitas dan pelestarian lingkungan terus dilakukan () Sigi. Salah satunya dengan melaunching gerakan pungut sampah bertajuk “Pungut Sampah Dari Jalan (Pushdala)”, Senin (21/02/2022).

Pada pelaksanaannya, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup turut dilibatkan untuk memungut sampah di jalan, mulai dari jalan Guru Tua, Desa Kota Rindau, Kecamatan Dolo.

“Gerakan ini sebagai bentuk peduli terhadap lingkungan, yang dirangkaikan dengan momentum Hari Nasional (HPSN), juga dirangkaikan dengan refleksi satu tahun kepemimpinan Bupati, Mohamad Irwan dan Wakil Bupati, Samuel Yansen Pongi,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup () , Moh. Afit Lamakarate.

BACA JUGA  Fraksi PKS DPRD Sulteng Menolak Pengesahan RUU Kesehatan

Gerakan pungut sampah ini, bentuk dukungan terhadap program Sigi Hijau yang merupakan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Sigi, dengan harapan membangun kebersihan lingkungan, serta sebagai bentuk dukungan terhadap upaya pengurangan risiko bencana, yaitu menjaga kualitas dan daya tahan tanah. Sebab sampah, dapat mengganggu kekuatan tanah.

“Gerakan ini juga didukung oleh beberapa mitra pemda yaitu NGO, organisasi kepemudaan serta Pramuka, yang konsen terhadap masalah-masalah lingkungan dan ,” ungkapnya.

Dirinya menjelaskan, mewujudkan kebersihan dan meningkatkan kualitas lingkungan, membutuhkan pendekatan yang melibatkan masyarakat, agar dapat bersama-sama merawat lingkungan.

Karena itu, gerakan pungut sampah dari jalan, menjadi satu upaya membangun kesadaran masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, termasuk tidak membuang sampah di jalan.

BACA JUGA  BNNK Donggala Bekuk 3 Pengedar Sabu Di Lokasi Berbeda

“Lewat gerakan ini kami akan gencar melaksanakan sosialisasi mengenai dampak buruk sampah, sehingga diharapkan para organisasi yang tergabung dalam gerakan ini dapat mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai hal itu,”ungkap Afit.

Gerakan Pushdala ini juga didukung oleh Universitas Islam Negeri (UIN) , yang turut membantu dengan mensosialisasikan kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan tempat.(*/Sob)