Madika, Palu – Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) DPW gelar pelatihan Master Of Ceremonial (MC) dan protokoler pada Jumat (01/04/2022) di aula DPTW .

Kegiatan yang diikuti oleh fungsionaris perempuan ini diisi oleh MC senior di , Selvi Silvana Kalangie yang telah menjadi bagian dari protokoler provinsi dan MC sejak tahun 1980.

, Muh. Wahyuddin yang turut hadir menyampaikan bahwa pelatihan MC dan protokoler merupakan bagian dari upaya PKS dalam meningkatkan kapasitas anggotanya baik laki-laki maupun perempuan.

Menurut Wahyuddin kegiatan ini penting karena menjadi bagian dari bertahan atau tidaknya sebuah organisasi. Ia menjelaskan bahwa ada tiga unsur dari bertahannya sebuah organisasi.

BACA JUGA  Empat Agenda Dijadwalkan Dibahas DPRD Kota Palu pada Masa Persidangan Caturwulan II

“Pertama menyebarluaskan pikiran positif, ide kebaikan masyarakat, dan ilmu yang bermanfaat. Organisasi pasti langgeng kalau punya salah satu unsur ini.”papar Wahyudin.

Tidak cukup hanya menyebarluaskan gagasan, Wahyuddin menambahkan bahwa organisasi yang baik harus mampu menjadi sarana menciptakan lapangan kerja atau membentuk anggota yang siap memiliki tambahan penghasilan.

Tapi Wahyuddin menegaskan jangan hanya semata meningkatkan ekonomi karena pasti akan kering dari unsur pertama dan ketiga yaitu meningkatkan kapasitas.

Sehingga kalau mau organisasi eksis harus mampu meramu tiga hal ini yaitu menyebarkan gagasan, mensejahterakan ekonomi dan meningkatka kapasitas keilmuan.

“Meningkatkan kapasitas keilmuan anggota‌yang hari ini kita laksanakan. Dalam hal ini menjadi MC dan protokoler. Sehingga bisa profesional dalam segala hal termasuk menjadi MC bukan MC asal-asalan,” ujar Wahyuddin.

BACA JUGA  DPRD Sulteng Belajar Pengelolaan Sampah Industri ke Pemprov DKI Jakarta

Sementara itu ketua BPKK PKS Sulteng, Wiwik Jumatul Rofiah menyampaikan kegiatan ini memang mengutamakan fungsionaris perempuan. Namun, lebih baik karena laki-laki juga turut hadir.

“Karena kita ingin menjadi MC yang bisa membuat suasana yang menyenangkan bukan membosankan. Dan semoga manfaatnya bisa dirasakan oleh seluruh peserta yang hadir, ” kata Wiwik.

Kegiatan pelatihan ini digelar secara offline dan online via zoom. Peserta offline yang hadir berasal dari kota Palu, , Donggala dan Parigi Moutong. Sementara peserta online berasal dari sembilan se .(*/Sob)