Madika, Palu- Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik () kembali mengimbau masyarakat agar menggunakan internet secara .

“Gunakan internet secara dan manfaatkan untuk hal-hal yang produktif,” ucap Sekretaris , Drs Aswin Saudo M.Si, saat membuka Bimtek Literasi Digital dan Sosialisasi Literasi Sejuta Pemirsa Tahun 2022 di Palu pada Jumat 1 Juli 2022.

Aswin mengingatkan ada sanksi hukum bagi pelaku penyalahguna internet sebagaimana diatur dalam UU terkait. Masyarakat juga harus menghindari perbincangan di dunia maya yang menimbulkan ketidaknyamanan. Ini salah yang terkait dalam kemampuan literasi digital.

Dia menjelaskan literasi digital bukan hanya sekedar kemampuan membaca atau menulis informasi di media digital, tetapi kemampuan untuk mencari, mengidentifikasi, mengevaluasi, dan menggunakan informasi.

BACA JUGA  Arnold: Jabatan Jangan Jadikan Tujuan

“Saya sangat mendukung gerakan literasi sejuta pemirsa karena budaya digital hanya bisa terbentuk jika dibarengi dengan memahami 4 pilar literasi digital dan dilakukan secara konsisten,” ujarnya.

Ia juga mengatakan untuk meningkatkan pemahaman, pola pikir, dan pandangan kritis dalam menyikapi isu maka perlu memperhatikan 4 pilar Literasi Digital yakni etika digital, keamanan digital, keterampilan digital dan budaya digital.

Kemudian, dengan memberikan pembelajaran literasi digital, dapat mencegah terjadinya banjir hoaks di media dengan berita-berita yang telah dicek berdasarkan klasifikasi dan pengecekan fakta.

Aswin mewakili Kepala berharap dengan adanya literasi digital, dapat memberikan pemahaman dan pengetahuan terkait aturan, norma dan etika dalam memanfaatkan teknologi secara bertanggungjawab.

BACA JUGA  Diskominfo: Fasilitasi Zoom Meeting Tetap Dipertahankan

“Saya berharap kepada kita semua agar teliti dalam memanfaatkan media. Sebab, seseorang yang mempunyai literasi digital pasti akan bijak dalam mengelola media sosialnya,” tandas mantan Sekretaris BPKAD Provinsi Sulteng itu. (*)