, - Realisasi anggaran Dinas Cipta Karya dan Sumber Daya Air (Cikasda) Provinsi baru 9,68%. Hal ini terungkap saat rapat evaluasi yang dipimpin Plt Sekda Provinsi , Rudi Dewanto, pada Selasa 5 Juli 2022.

“Cikasda harus memacu penyerapan anggarannya, agar target realisasi keuangannya sesuai rencana yang disusun,” tegas Rudi.

Dari rapat percepatan realisasi anggaran Cikasda tersebut menghasilkan rekomendasi yang harus ditindaklanjuti oleh Plt Kepala Dinas Andi Ruly Djanggola yaitu Dinas Cikasda segera melakukan percepatan realisasi anggaran untuk mengejar deviasi -32%.

Untuk belanja yang diserahkan kepada masyarakat namun terinput dalam belanja modal untuk segera diproses kontraknya namun pembayarannya dilakukan setelah APBDP disyahkan dan dipindahkan dalam belanja yang diatur dalam regulasi pengganggaran.

Penambahan personel PPTK dan Pejabat Pengadaan sesuai kebutuhan untuk membantu percepatan realisasi anggaran sesuai tusi. Terakhir belanja operasional Cikasda untuk segera dibuatkan simulasi penyerapannya sampai dengan akhir tahun.

BACA JUGA  Distyawati Harapkan Kendala Program ITSA dan TTE Teratasi

Adapun Ruly ditunjuk sebagai Plt Kepala Dinas Cipta Karya dan Sumber Daya Air Provinsi pada 30 Juni 2022. Ia menggantikan Abdul Razak, yang memasuki masa pensiun terhitung Juli 2022.

“Kami harus bergerak cepat untuk percepatan realisasi anggaran Cikasda agar program dan kegiatan yang mendukung visi misi segera terlaksana serta dampaknya dirasakan oleh masyarakat,” ucap Ruly.

Adapun rapat yang berlangsung di ruang kerja Sekprov turut dihadiri oleh unsur Biro Pembangunan dan Pejabat Eselon II, III dan IV lingkup Dinas Cikasda . (*)