Madika, – Distribusi sembako dari PKBI JMK OXFAM untuk kelompok di lima titik pada hari perdana yakni Sabtu, 28 November 2020 berjalan lancar, aman dan tetap menjalankan protokol Covid-19 disetiap titik pembagian.

Lead Recovery PKBI JMK OXFAM, Yospina Liku La'bi mengatakan, pada distribusi pertama menyelesaikan lima titik yakni Desa Pombewe, Desa Langaleso, Kelurahan Duyu, Kelurahan Lere dan Kelurahan Talise.

“Paket sembako kelompok ini, merupakan bentuk kepedulian PKBI JMK OXFAM atas kesulitan ekonomi masyarakat khususnya kelompok ditengah mewabahnya ,” ujar Yospina diselah – selah distribusi, Sabtu (28/11/2020).

Dikatakan, total paket yang akan disalurkan yakni 4.950 paket sembako untuk 4.950 Kepala Keluarga (KK) penerima manfaat di 33 desa dampingan PKBI JMK OXFAM. Adapun rincian desa tersebut yakni 18 desa di Donggala, 12 desa di Sigi dan 3 kelurahan di Kota .

BACA JUGA  Pemprov: Pelaku Perjalanan Harus Tetap Disiplin Prokes

Paket sembako yang diberikan yakni beras 25 Kg, gula 4 Kg, Minyak Goreng 5 Liter, Garam 2 Kg dan susu 2 kaleng.

Menurut Yospina, kelompok rentan yang mendapatkan paket sembako, sudah dilakukan pendataan sebelumnya dengan melibatkan Community Organizer (CO) di 33 desa dampingan, dengan senantiasa melakukan koordinasi dan komunikasi dengan pemerintah desa mulai dari ketua RT/RW, Kepala Dusun hingga Kepala Desa.

“Jadi, warga yang menerima paket sembako ini, bukan diberikan saat mereka datang disaat pembagian. Namun mereka yang nama dan datanya sudah terinput beberapa bulan sebelumnya,” katanya.

Data penerima paket sembako ini, juga sudah dikonsultasikan kepada Kepala Dinas Sosial (Dinsoso) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) dan dilakukan sinkronisasi dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) milik .

BACA JUGA  Fatayat NU Dinilai Berperan Penting Berdayakan Perempuan

Pembagian paket sembako dari PKBI JMK OXFAM ini, ditargetkan akan selesai di 33 desa dampingan paling lambat minggu kedua Desember 2020.

Pantauan langsung di lokasi pembagian pada hari pertama di Kelurahan Talise, warga sejak pagi sekira pukul 09.00 sudah mulai berdatangan di Kantor Kelurahan Talise.

Staf PKBI JMK OXFAM lalu memberikan penjelasan tentang tata cara distribusi sesuai protokol covid-19, sehingga kegiatan itu bisa berjalan lancar tanpa khawatir dengan penularan covid-19. Pembagian sembako kelompok rentan ini, juga dijaga aparat keamanan dari dan tentara agar protokol covid-19 benar – benar diterapkan.

Saat masuk ke ruang pembagian sembako, warga diarahkan mencuci tangan dulu, lalu tes suhu badan menggunakan termogan, menggunakan masker, serta menjaga jarak antrian. Warga juga terlihat sangat patuh dengan setiap arahan yang diberikan baik dari staf PKBI JMK OXFAM maupun dari aparat keamanan yang berjaga. (*)

BACA JUGA  Citayam Fashion Week Dikalim Jadi Tameng Penyebaran LGBT