, - Kepala Bidang Angkutan Jalan, Keselamatan dan Perkeretaapian Dishub , Sumarno, mengungkapkan pihaknya akan melakukan pendampingan uji kelaikan bus atau ramp check yang akan ditumpangi pemudik dalam momentum Idulfitri 1443 H/2022 M.

“Ramp check kelihatannnya H-10 antara tanggal 25 April, kurang lebih,” ungkapnya, Minggu 17 April 2022.

Sumarno mengatakan ramp check biasanya dipusatkan di beberapa terminal dan pos-pos Perusahaan Otobus (PO). Pelaksana ramp check melalui Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD).

Dishub sendiri belum memiliki data jumlah armada bus yang akan beroperasi mengangkut pemudik di daerah ini. Namun dari pantauan petugas Dishub mulai terjadi peningkatan operasional armada bus.

BACA JUGA  Empat Hari Menghilang, Nelayan asal Morowali Ditemukan Tewas Terapung

Sumarno mengingatkan pihak PO agar tidak membebani pemudik dengan ongkos yang melebihi tarif batas atas, khususnya Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP). Ini karena momentun kerap dimanfaatkan PO menaikkan tarif angkutan yang terlalu tinggi.

“Jangan menaikkan tarif yang terlalu melebihi batas atas, nanti akan kita cek, akan kita cek itu,” tegas Sumarno.

Dia juga mengingatkan pihak PO membekali sopir dengan dokumen perjalanan lengkap, termasuk surat-surat kendaraan. Selain itu, harus dipastikan sopir dalam keadaan sehat dan siap membawa penumpang.

“Jadi bukan kendaraan saja yang harus dipastikan laik jalan, orangnya (awak bus) juga harus sehat,” ucap Sumarno.

Adapun tujuan ramp check untuk memastikan armada yang digunakan laik jalan atau dalam kondisi baik. Untuk memenuhi kriteria laik jalan, ada lima hal yang harus dipenuhi, yaitu ban tidak boleh aus, ban vulkanisir tidak boleh di depan, kaca depan tidak boleh retak apalagi pecah, speedometer harus berfungsi, rem tangan juga harus berfungsi serta adanya sabuk pengaman. (*)

BACA JUGA  Studi Lapangan PKP Pemprov Sulteng Pilih Kota Denpasar