Madika, - Tim Koordinasi Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Sungai (TKPSDA WS) Randangan Provinsi Gorontalo audiensi studi tiru Pengelolaan Sistem Informasi Hidrologi, Hidrometereologi dan Hidrogeologi (PSIH3) Provinsi di , baru-baru ini.

Kunjungan tim tersebut dipimpin Kepala Bappeda Provinsi Gorontalo beserta unsur anggota sekretariat TKPSDA WS Randangan dari Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi II Gorontalo.

Diketahui, PSIH3 Provinsi dikelola oleh Sekretariat Dewan Sumber Daya Air yang melekat pada Dinas Cikasda (Cipta Karya dan Sumber Daya Air) Provinsi .

Pemprov Gorontalo memilih PSIH3 Sulawesi Tengah karena merupakan salah satu yang terbaik dan menjadi rujukan studi pengelolaan PSIH3 kewenangan provinsi.

Kasi Tata Kelola Sungai, Pantai Danau dan Air Baku Dinas Cikasda Provinsi , Abdul Khair Rusdan, menerangkan PSIH3 bertujuan untuk merangkum dan mengkompilasi data H3 dari beberapa lembaga serta instansi pengelola data H3 seperti ESDM untuk Hidrogeologi dan BMKG terkait data Hidrometereologi.

BACA JUGA  Pemprov Akan Terapkan Konsep ATM Hasil Studi Teknis

“Data ini bisa di akses melalui portal SIH3 secara online untuk dimanfaatkan sebagai acuan dalam menyusun berbagai kebijakan seperti kebutuhan untuk menyusun alokasi air pada sektor pertanian, air minum, industri dan juga bisa digunakan untuk merumuskan mitigasi . PSIH3 ini di tuangkan dalam Peraturan Sulawesi Tengah pada tahun 2015 dan dilakukan revisi pada tahun 2017,” terangnya.

Kata dia, PSIH3 Sulawesi Tengah terus dilakukan monitoring dan evaluasi dalam implementasi kebijakan dan merumuskan kembali rencana tindak lanjutnya pada 2023.

Adapun audiens dibuka oleh Kepala Bappeda , Christina Shandra Tobondo didampingi Kepala Dinas Cikasda , Andi Ruly Djanggola. (*)