Madika, – Komunitas Celebes Bergerak dan Rutgers menggelar diskusi mengenai Kekerasan Berbasis Gender & Seksual di Jum'at (11/08 2023).

Kegiatan berkolaborasi dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM ), melibatkan 25 peserta berasal dari Fakultas yang berbeda.

Diskusi bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap isu KBGS di lingkungan kampus dan mendorong mereka untuk mengambil peran aktif dalam mengatasi kasus KBGS.

Fathia selaku Community Organizer Celebes Bergerak menjelaskan, kegiatan ini dimaksudkan agar para mahasiswa dapat memahami isu KBGS lebih mendalam di lingkungan Universitas.

“Diskusi ini kami buat agar para peserta dapat memahami isu-isu KBGS yang terjadi di Perguruan Tinggi. Karena kita tau lingkungan kampus juga terhadap KBGS.” Katanya.

BACA JUGA  Ratusan Mahasiswa Untad Angkatan 2016 Terancam DO, Ini Solusi yang Diberikan Universitas

“Dalam diskusi ini kami mengangkat tema Apakah Perguruan Tinggi Sudah aman dari Kekerasan Berbasis Gender & Seksual, sebab dalam beberapa tahun terakhir banyak terjadi KBGS di tingkat Perguruan Tinggi. Ini membuktikan bahwa lingkungan kampus pun kerap terjadi KBGS, yang mana banyak mahasiwa yang cenderung tidak angkat bicara ketika mengalami KBGS.” lanjut Fathia.

Untuk itu kata Fathia, diskusi ini penting untuk diikuti para mahasiswa agar kedepan mereka dapat menjadi pelopor ketika terjadi kasus KBGS di lingkungan perguruan tinggi sehingga mendapat respon dan penanganan yang serius.

Melalui diskusi ini, diharapkan perguruan tinggi dapat menjadi lingkungan yang lebih aman dan bebas dari kekerasan berbasis gender & seksual.

BACA JUGA  25 Tahun AJI Palu, Komitmen Merawat Semangat Deklarasi Sirnagalih

Kegiatan ini mendapat respon positif dari para peserta, karena menganggap perguruan tinggi adalah lokasi terjadi KBGS.

“Kegiatan dialog ini, sangat memberikan manfaat yang luar biasa untuk pengetahuan kita mengenai KBGS yang terjadi dikampus, yang realitanya memang dikampus banyak terjadi .” Kata Atmayana salah satu peserta.

Diskusi ini dibagi menjadi dua sesi, pertama dibawakan Novilyana Onora dari Komunitas Celebes Bergerak yang mengantar peserta memahami tentang Gender dan Nursafitri Lasibani selaku Eksekutif Direktur Sikola Mombine yang banyak mengulas tentang , Dampak dan membawa peserta memahami apa itu Concent serta syarat terpenuhinya Consent.

Penulis : Qila