Madika, – Sebanyak 20 Dokar yang merupakan sarana transportasi tradisional menghiasi kegiatan Festival Topodoka 2023, di gelar di lapangan H Akkas Lantangi Poebongo, , Kamis (26/10/2023).

Festival ini akan digelar selama tiga hari dari 26 hingga 28 Oktober 2023.

Ketua panitia Festival Topodoka, Azwar anas, mengatakan kegiatan tersebut merupakan upaya memperkenalkan dan melestarikan seni dan budaya yang ada di .

“Kita ketahui dulunya sebagian besar pekerjaannya adalah kusir dokar, nah di festival ini kami ingin melestarikan kembali alat transportasi tradisional dan berdayakan kembali para kusir dokar yang sempat terlupakan,” ujarnya.

Azwar menuturkan selain , ada beberapa kegiatan yang akan dipertunjukkan seperti tari kolosal, tarian pamonte, Khatam Alquran massal, panggung seni budaya, jalan santai, hingga makan gratis uta dada, dengan melibatkan 30 pelaku .

BACA JUGA  DPP Peradah Sulteng Optimis Lahirkan Kader Potensial pada Lokasabha X

“Intinya, kami kedepan ingin dokar ini bisa jadi Alat transportasi wisata. Nah saat ini dokar tersisa di kota ada 20 dokar, semuanya disini akan beroperasi selama tiga hari. Jadi bagi masyarakat yang ingin berwisata keliling kelurahan Palupi bisa naik dokar,” jelasya.

Sementara Asisten III bidang Administrasi Umum Setda Kota , Imran Lataha yang membuka kegiatan menekankan betapa berharga semangat gotong royong yang telah menjadikan acara ini menjadi kenyataan.

“Semua inisiatif yang ada, termasuk makanan gratis dan penampilan dari para talenta muda di kelurahan kita, adalah contoh nyata bahwa ketika kita bersatu, kita bisa menciptakan ,” ungkapnya.

Kepada kalangan muda, Imran berpesan agar terus mengejar impian dan bakat mereka, serta jangan pernah berhenti untuk berkarya.

BACA JUGA  Pastikan Stok Beras Aman, Mentan SYL Panen Padi dan Demonstrasi Biosaka di Maros

“Acara ini bukan hanya merupakan pesta budaya, tetapi juga cerminan dari semangat persatuan dan kerja sama. Semoga acara ini menjadi inspirasi bagi kita semua untuk terus merayakan kekayaan budaya dan potensi kreatif yang ada di dalam diri kita,” tambah asisten.

Penulis : Qila