, – Tim Bantuan ASN dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama () (Sulteng), Rabu (20/01) pagi tadi bertolak ke Sulawesi Barat (Sulbar) dengan misi kemanusiaan.

Tim Peduli Sulbar itu dilepas Kepala Kanwil Sulteng, H. Rusman Langke, di halaman Kantor Kanwil Sulteng, Jalan Moh. Yamin .

Dikesempatan itu, Rusman Langke, menyampaikan terimakasih kepada seluruh ASN yang telah menyisihkan sebagian rejeki dan Satuan kerja (Satker) Kemenag yang turut bergerak menggalang bantuan ASN. Diantaranya, Kanwil Kemenag Sulteng, Kemenag Kota , Kemenag Kabupaten Sigi dan beberapa Madrasah Negeri, Raudhatul Athfal (RA) di Kota Palu.

Atas peristiwa Sulbar itu, Kakanwil mengaku teringat saat bencana gempa, tsunami dan likuefaksi di Kota Palu, Sigi, dan Parimo, 28 September 2018 lalu. Pasca bencana itu, Kemenag Sulteng pertama kali menerima bantuan dari Kemenag Sulbar.

BACA JUGA  Rusdi Mastura Gubernur Ke 13 Sulteng

“Ini adalah sumbangan pribadi dan keikhlasan dari semua pihak yang ingin berdonasi tanpa ada paksaan. Alhamdulillah semangat kegotongroyongan, kekeluargaan, apa yang kita lakukan terkumpul untuk meringankan ujian yang dialami saudara-saudara kita di Sulbar. Semoga bantuan ini bermanfaat bagi para korban bencana di Sulbar,” ucapnya.

Kepada tim yang bertolak ke Sulbar, Kakanwil berharap tiba dengan selamat, serta dalam keadaan sehat saat Kembali di Palu.

Dikesempatan saebelumnya, Kabag TU Kanwil Kemenag Sulteng, Ma'sum Rumi, menjelaskan dalam tahap pertama penyaluran bantuan ASN yang diberangkatkan hari ini, yakni dari ASN Kanwil dan DWP Kanwil Kemenag Sulteng, membawa sekitar 2 ton beras, 100 dos susu formula, air mineral, pakaian dan peralataan sholat layak pakai, dan kebutuhan lainnya.

BACA JUGA  Pemprov Sulteng Raih Penghargaan APE Dari PPPA RI

Sementara dari ASN Kemenag Kota Palu dan jajarannya, termasuk RA, Madrasah dan KUA se Kota Palu, serta Kemenag Kabupaten Sigi, membawa bantuan berupa sembako. Dari Kemenag membawa 80 karton mie instan, bahan pokok dan kebutuhan mendesak lainnya, yang dimuat di dua mobil.

Dalam kesempatan ini, Kepala Kemenag Kabupaten Banggai Kepulauan, H. Junaidin menyerahkan secara simbolis bantuan uang tunai dari ASN Kemenag Kabupaten Bangkep kepada Kakanwil Kemenag Sulteng, yang selanjutnnya diserahkan kepada Tim Bantuan ASN Kemenag Sulteng Peduli Sulbar.

Tim Bantuan ASN dipimpin Kepala Subbagian Umum dan Humas Kanwil Kemenag Sulteng, Ratna Muthmainnah dan Koordinator Lapangan, Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Kota Palu, H. Muh. Thalib. Untuk memudahkan penyaluran bantuan, Koordinator Lapangan yang ditunjuk berasal dari Sulbar.

BACA JUGA  Tiba di Mamuju, Relawan PKS Langsung Salurkan Bahan Makanan

“Bantuan ini kami akan serahkan kepada Kanwil Kemenag Sulbar. Selanjutnya kami percayakan kepada Kanwil Kemenag Sulbar untuk mendistribusikannya kepada yang terdampak,” aku Ratna Muthmainah.

Keseluruhan bantuan tersebut dimuat dalam dua truk, dua mobil pick up dan beberapa mobil ASN.
Hadir dalam acara pelepasan keberangkatan tim bantuan ASN Kemenag Sulteng itu Diantaranaya, para pejabat Kanwil Kemenag Sulteng, Kemenag Kota Palu, Kemenag Sigi, Kemenag Donggala dan ASN Kanwil Kemenag Sulteng. (***)