Madika, Palu- Provinsi dipercaya menjadi tuan rumah Pra Pekan Pelajar Nasional (Popnas) Tahun 2022. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi , Irvan Aryanto, mengungkapkan ada tujuh provinsi yang akan berlaga di daerahnya.

menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pra Popnas yang akan diikuti tujuh provinsi,” ungkap Irvan saat Rapat Persiapan Para Popnas di kantornya, Senin 7 Maret 2022.

Dia menjelaskan telah membagi zona atau wilayah Pra Popnas yang terbagi lima zona. sendiri masuk zona 5 dengan peserta yakni Provinsi Maluku, Maluku Utara, Gorontalo, , Sulawesi Utara, Papua dan Papua Barat.

Pelaksanaan Pra Popnas akan melibatkan instansi terkait lingkup pemerintah daerah Provinsi . Jumlah peserta yang nantinya mengikuti Pra POPNAS diperkirakan sekitar .200 orang.
Adapun cabang olahraga (Cabor) yang akan dipertandingkan yaitu: Bola Basket, Bola Voli Indoor, Bulutangkis, Pencak Silat, Sepak Bola, Sepak Takraw, Tenis dan Tinju. Irvan mengatakan Pra Popnas merupakan rangkaian kegiatan penyelenggaraan pertandingan atau perlombaan beberapa cabor di tingkat wilayah sebagai babak kualifikasi.

“Rencananya, Pra Popnas dilaksanakan pada November Tahun 2022,” ujar Irvan Aryanto.
Persiapan Pra Popnas terdiri dari teknis meliputi: sarana dan prasarana serta SDM yang berhubungan langsung dengan pelaksananaan pertandingan ditangani oleh Technical Delegate yang ditunjuk induk organisasi dan pengurus Cabor tingkat Provinsi.

BACA JUGA  Komisi Informasi Dorong Lahirnya Perda KIP di Sulteng

Selanjutnya, persiapan non teknis meliputi: administrasi, sistem kendali dan faktor pendukung, berhubungan dengan faktor pendukung pelaksanaan Pra Popnas, antara lain bidang administrasi, akomodasi, konsumsi, transportasi, keamnanan, kebersihan, IT, Promosi dan lain sebagainya.

Rapat persiapan tersebut diikuti perwakilan masing-masing OPD yaitu Humas dan Protokol Setda, Dinas Pariwisata, Dinas Kominfo, , Satpol-PP dan Dinas Perhubungan lingkup Provinsi Sulawesi Tengah. (*)