, - Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik , Dra MM, mengatakan penting bagi perempuan untuk meningkatkan ketahanan keluarga.

“Mengapa penting bagi perempuan? Pertama karena perkembangan teknologi. Ini berpengaruh terhadap perilaku individu dan masyarakat, terutama dalam pola pengasuhan anak dalam keluarga,” ujarnya, Selasa 12 Juli 2022.

Lanjut , hal lain yang mendasari pentingnya yaitu yang mana posisi perempuan berperan sebagai ibu, khususnya bagi anak-anak dalam peningkatan ketahanan keluarga.

“Ibu salah satu pilar dalam rumah tangga yang berperan besar dalam menjaga ketahanan keluarga,” ucap .

Berikutnya, literasi digital penting karena anak generasi saat ini sebagai digital native (pengguna). Bimbingan seorang ibu menjadi penting agar anak mendapat banyak manfaat sekaligus meminimalisir risiko. Olehnya menurut Novalina, perlu peningkatan kapasitas perempuan di bidang digital agar cakap.

“Literasi digital menjadi hal yang perlu dikuasai seorang ibu dalam perannya sebagai pendidik anak-anak,” tuturnya.

BACA JUGA  Pemprov Nilai Sektor Konstruksi Miliki Posisi Strategis

Novalina menambahkan yang dimaksud literasi digital adalah kecakapan menggunakan media digital dengan beretika dan bertanggung jawab untuk memperoleh informasi atau berkomunikasi.

Diketahui, literasi digital telah membawa banyak manfaat bagi kehidupan masyarakat. Manfaat tersebut di antaranya: Kegiatan mencari dan memahami informasi dapat menambah wawasan individu. Kemudian meningkatkan kemampuan individu untuk lebih kritis dalam berpikir serta memahami informasi.

Menambah penguasaan ‘kosa kata' individu, dari berbagai informasi yang dibaca. Meningkatkan kemampuan verbal individu. Literasi digital dapat meningkatkan daya fokus serta konsentrasi individu. Menambah kemampuan individu dalam membaca, merangkai kalimat serta menulis informasi. (*)