Madika, - Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfo) menggelar upacara bendera dalam rangka Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang Ke- 114 Tahun 2022, Jumat 20 Mei 2022.

Kadis Dra. Novalina MM selaku inspektur upacara membacakan sambutan Menteri RI. Dikatakan, momentum Hari Kebangkitan Nasional ke-114 tahun 2022 mengusung tema “Ayo Bangkit Bersama”. Olehnya, Peringatan Harkitnas hendaknya tidak hanya sebagai seremonial semata tetapi, mari memahami sisi historis dibalik peringatan Hari Kebangkitan Nasional.

“Ayo bangkit bersama melalui Hari Kebangkitan Nasional, agar kita bangkit dari pandemi yang sudah melanda selama 2 tahun terakhir ini,” ucap Novalina.

Tujuan Peringatan Harkitnas untuk terus memelihara, menumbuhkan dan menguatkan semangat gotong royong sebagai landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan serta mempercepat pemulihan bangsa dari pandemi Covid-19.

BACA JUGA  Buka Manasik Haji, Wawali Ingatkan CJH Jaga Kesehatan

Selain itu, momentum ini juga diperkuat dengan peran sebagai presedensi G20 tahun 2022, yang mengangkat tema “Recover Together, Recover Stronger”, dengan tujuan untuk memberikan spirit baru dalam tatanan dunia yang dapat memberikan kesejahteraan dan kemakmuran yang inklusif serta menjamin keberlangsungan kehidupan dimasa depan.

“Tema dan isu prioritas G20 yang diangkat merupakan cerminan dari semangat kebangkitan yang kita rayakan pada hari ini,” ujarnya.

Disampaikan, di tengah krisis pandemi Covid-19 serta konflik Ukraina dan Rusia yang menyebabkan kondisi global serta geo menjadi tidak stabil, patut dimaknai Hari Kebangkitan Nasional sebagai upaya untuk memperkuat kesatuan bangsa.

Perekonomian pada Tri Wulan 1 tahun 2022, mengalami pertumbuhan sebesar 5,01%, sisi produksi mengalami pertumbuhan tinggi yakni ; sektor usaha transportasi dan pergudangan naik 15,79%, sektor jasa-jasa lain naik 8,29%, sektor informasi dan komunikasi naik 7,14%.

BACA JUGA  Berjalan Ditengah Pandemi, Partisipasi Pemilihan Di Sigi Mencapi 82,92%

“Mari kita terus bekerja keras dan bersinergi, menjaga, mempertahankan dan meningkatkan perekonomian nasional ,” pungkas Novalina.

Upacara Peringatan Harkitnas diikuti oleh seluruh Pejabat Eselon III dan IV, Staf dan Honorer lingkup Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Sulawesi Tengah. (*)