Madika, Palu- Anggota Komisi X DPR-RI yang juga anggota Fraksi Partai Keadilan, Hj Sakinah Aljufri kembali menyerahkan PIP di SMK Palu. Di sekolah yang merupakan amal usaha organisasi tersebut, tercatat 111 siswa yang menerima beasiswa PIP, aspirasi Hj Sakinah Aljufri.

Penyerahan beasiswa secara simbolis yang berlangsung Kamis (14 Januari 2021), diterima langsung Kepala SMK Palu, Sitti Rahma MM dan disaksikan Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulteng, Dr H Mustamin Idris, M.Si dan Ketua Majelis Dikdasmen Muhammadiyah Sulteng, Dr Rahman Ansyari Malaba, M.Si.

“Terima kasih kepada Ibu Hj Sakinah Aljufri, ini ibarat oase di tengah padang pasir bagi kami, lebih khusus lagi bagi siswa kami yang menerima bantuan ini. Bantuan ini, cukup membantu, apalagi di tengah pandemi ini, banyak orangtua siswa yang terdampak secara ekonomi, sehingga dengan adanya bantuan ini, sedikit bisa meringankan beban mereka dalam membiayai sekolah anak-anaknya,”kata Rahma, dalam sambutan singkatnya.

BACA JUGA  Pimpinan DPRD Sulteng Bahas Status PDAM Donggala

Dia berharap, kedatangan Hj Sakinah selaku wakil rakyat di sekolah yang dipimpinnya, jangan hanya sekali. Kehadiran Hj Sakinah di komisi yang bermitra dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, diharapkan dapat membantu SMK Muhammadiyah, dalam mengembangkan pendidikan yang unggul, khususnya sekolah kejuruan di Sulawesi Tengah.

Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah, Dr H Mustamin Idris, M.Si, menambahkan bahwa yang merupakan program aspirasi Hj Sakinah, selaku anggota Komisi X, tentu saja cukup membantu para siswa. Menurutnya, siswa seharusnya hanya diberikan beban dan tanggungjawab untuk belajar, agar lebih fokus.

“Sebab siswa yang juga diberikan beban untuk berpikir sendiri bagaimana membiayai sekolahnya, dalam banyak teori, tidak bisa fokus untuk belajar. Kondisi ini, tentu saja akan memengaruhi hasil pembelajarannya. Olehnya itu, dari Kemendikbud melalui aspirasi Ustadzah Hj Sakinah ini, alhamdulillah cukup banyak membantu,”katanya.

Menanggapi harapan-harapan yang disampaikan, Hj Sakinah mengatakan bahwa kehadirannya di DPR-RI, tentu saja untuk menyuarakan aspirasi masyarakat Sulawesi Tengah. Sudah merupakan kewajiban dan tanggung jawabnya, untuk berjuang meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sulawesi Tengah.

BACA JUGA  DPRD Sulteng Apresiasi Kesiapan Operasi Ketupat 2024

“Tahun ini, alhamdulillah kami mendapat alokasi 14 ribu beasiswa PIP untuk semua jenjang pendidikan. Mulai dari SD, SMP, SMA dan SMK. Khusus untuk sekolah-sekolah di lingkup Organisasi Muhammadiyah, selain SMK Muhammadiyah Palu, juga ada sekolah-sekolah dari lain termasuk juga ada di Kota Palu. Total siswa di sekolah Muhammadiyah yang alhamdulillah bisa mendapatkan alokasi PIP ini, hampir 500 siswa,”ungkapnya.

Saat sesi diskusi, Rina Hartika, salah satu guru SMK Muhammadiyah Palu, bertanya apakah ada peluang bagi guru untuk mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan jenjang studi ke Strata dua (S2).

“Alhamdulillah tahun ini, saya kebagian lima beasiswa untuk S2. Boleh 1 jatah beasiswa S2, saya berikan untuk Muhammadiyah,”kata Hj Sakinah yang disambut aplause.

BACA JUGA  Mutu Pendidikan Sulteng: 71,88% Warga Hanya Tamatan SD dan SMP

Sementara itu, sebelumnya Hj Sakinah juga melakukan perjalanan ke Kabupaten Tojo Unauna. Di kabupaten tersebut, selain melakukan reses dan jaring aspirasi, Hj Sakinah juga menyerahkan di beberapa sekolah, baik negeri maupun swasta di semua jenjang pendidikan.

Di Kota Palu dan Sigi, Hj Sakinah menyerahkan bantuan peralatan Teknologi Informasi dan Komputer (TIK) di SD Palu. Juga menyerahkan bantuan buku kepada Komunitas Literasi Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI), dan bantuan buku untuk Komunitas Pinbuk di Kabupaten Sigi.(**)