Madika, Sigi – Komisi Pemilihan Umum () Kabupaten Sigi secara resmi meluncurkan maskot untuk Pemilihan Kepala Daerah () serentak 2024 pada Rabu (12/6/2024) di Taman Taiganja, Desa Kalukubula.

Maskot tersebut diberi nama “SUNDEKI” dan diluncurkan bersamaan dengan tahapan serta jinggel Pilkada.

Deskripsi Maskot

. Konsep Desain

Konsep dasar pembuatan maskot adalah perpaduan objek Taiganja dan Kotak Suara.

  • Taiganja: Ornamen atau perhiasan yang biasa dikenakan perempuan di Kabupaten Sigi dan sebagai medalion, kalung, atau ikatan tali di pinggang. Taiganja berfungsi sebagai simbol kesuburan, kemakmuran, dan tolak bala. Bahan pembuatnya bervariasi dari perunggu, kuningan, tembaga, perak, hingga emas, yang menunjukkan status pemakainya. Selain sebagai perhiasan, Taiganja juga berfungsi sebagai amulet.
  • Kotak Suara: Perlengkapan pemungutan suara dalam Pilkada yang berfungsi menjaga kerahasiaan suara setiap pemilih dan memastikan suara diberikan tanpa tekanan.
BACA JUGA  Wakil Bupati Poso Ajak PKS Berkolaborasi Membangun Daerah

2. Nama Maskot

Nama adalah “SUNDEKI,” akronim dari “Suara Integritas Demokrasi.” Nama ini mencerminkan upaya meningkatkan kualitas demokrasi di Kabupaten Sigi dengan menjaga partisipasi masyarakat dalam Pilkada. Dalam bahasa Kaili sub Ado, “Sundeki” berarti “Ikutlah,” seruan untuk berpartisipasi dalam kegiatan dan kebudayaan setempat.

3. Filosofi Maskot

Karakter Sundeki berbentuk gambar flat 2D dengan objek dasar Taiganja dan kotak suara. Kombinasi warna putih, kuning emas, dan oranye melambangkan keterbukaan, harapan, kehangatan, kebahagiaan, dan semangat tinggi dalam menyambut pesta demokrasi . Wajah yang tersenyum mengekspresikan kegembiraan, sementara gestur tangan terbuka dengan memegang paku dan surat suara menggambarkan kesiapan memilih.

BACA JUGA  Hadianto-Liliana Resmi Diusung PKB Maju Pilwalkot Palu

Sundeki mengajak seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Sigi untuk menggunakan hak pilih pada 27 November 2024.

Produksi Maskot

Maskot Sundeki diproduksi oleh Jumadi S. Sos, M. Ismedz, dan Surya Agung Setiawan S. Sos.

Dengan peluncuran maskot ini, Kabupaten Sigi berharap dapat menyemangati masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam , sesuai dengan tagline “Ayo ke TPS”.