– Mantan yang juga budayawan () Jamaluddin A Mariadjang terpilih secara aklamasi sebagai ketua umum dalam musyawarah Dewan Kesenian di Wisma Haji Transit , Sabtu (26/3/2022).

Jamaludin Mariadjang terpilih aklamasi setelah 2 calon ketua DKST yakni Sadri,SPD.MPd dan Takbir Larekeng, SH pada proses penjaringan via form dinyatakan gugur.

Gugurnya kedua kandidat itu karena tidak hadir saat pleno penetapan calon ketua DKST sehingga secara otomatis Jamaluddin Mariadjang yang berada di lokasi musda langsung didaulat oleh dewan kesenian dan perwakilan sanggar seni se menjadi ketua DKST periode 2022-2027.

“'Saya minta kesepakatan kepada pemegang mandat, apakah dengan gugurnya 2 calon ketua DKST, sudah mengisyaratkan bahwa Jamaludin Mariadjang terpilih secara aklamasi?” tanya pimpinan sidang, Hanafi Saro.

Tanpa tunggu komandan, seluruh pemegang mandat dari 10 langsung berteriak lantang. “Aklamasi”. Hanafi Saro kemudian membacakan hasil keputusan dan mengetuk tanda sah bahwa ketua terpilih DKST periode 2022-2027 adalah Jamaludin Mariadjang.

BACA JUGA  Gubernur: UU 13 Tahun 1998 Amanatkan Kesejahteraan Lansia

Sementara itu Ketua DKST tepilih, Jamaluddin Mariadjang mengatakan dirinya berniat maju menjadi ketua DKST karena menganggap Ada masalah di tubuh DKST.

“adik-adik seniman berharap saya membantu. Mereka merasa diaakali seniornya, tapi tidak bisa melawan. Ini sudah menahun,”kata dia.***