Madika, - Peningkatan penilaian Sistem Berbasis Elektronik (SPBE) merupakan capaian kinerja Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfo) Provinsi Sulawesi Tengah melalui bidang Informastika (Aptika) pada tahun ini.

Kepala Bidang Aptika, Wahyu Agus P, S.STP, M.Pa, menerangkan sebelumnya Dinas Provinsi Sulteng sempat mengalami penurunan pada nilai SPBE.

“Kami di bidang Aptika berusaha agar nantinya nilai SPBE Dinas Sulteng mencapai angka dua digit,” ucap Wahyu, Senin 8 Agustus 2022.

Selain itu, bidang Aptika akan melakukan penyusunan dokumen arsitektur dan peta rencana SPBE yang ditargetkan akan rampung pada TW 3 bulan september. Sedangkan terkait kebijakan regulasi dan tata kelola SPBE sementara berproses.

BACA JUGA  Wagub Keluhkan Kebijakan Pusat

Tidak hanya itu, bidang Aptika juga mendapat kepercayaan untuk melaksanakan program Smart Village yang merupakan salah satu pendukung desa cerdas.

Dalam melaksanakan program tersebut bidang aptika sudah membuat regulasi beserta tempat pelaksanaan dengan anggaran yang akan terealisasi pada APBD perubahan tahun 2022.

Akan ada 20 desa yang akan menjadi sasaran pada program Smart Village yang terletak di tiga yaitu Donggala, Sigi, dan Moutong.

Hal ini merupakan salah satu program prioritas dalam rangka mendukung dan juga , serta memberikan bimbingan IT kepada perangkat desa dan masyarakatnya.

Adapun rencana yang akan dilakukan oleh bidang aptika pada penilaian SPBE yaitu ; peningkatan pada SDM khususnya pada bidang IT serta menunjang sarana dan prasarana di OPD.

BACA JUGA  Faizal: Dengan SIPD, APBD Akuntabel

Ini karena terdapat 11 (sebelas) OPD yang belum tersambung dengan jaringan fiber optik (FO) dengan harapan pada tahun 2023 tidak ada lagi OPD yang tidak tersambung dengan jaringan fiber optik yang dimiliki oleh Dinas .

“Kendala yang masih kami hadapi bidang aptika yaitu SDM dan infrastruktur yang belum memadai serta anggaran yang tidak mencukupi,” pungkas Wahyu. (*)