Madika, Majene– Hasil assessment yang dilakukan relawan MDMC Pimpinan Wilayah Muhammadiyah , yang diberikan tugas untuk tanggap awal ke Sulawesi Barat, menemukan fakta, bahwa sampai dengan hari ketiga pasca gempa, Senin (18 Januari 2021), para masih membutuhkan bantuan.

“Untuk logistic Alhamdulillah sudah banyak dan masih terus mengalir dari beberapa lembaga. Yang dibutuhkan saat ini, bantuan obat-obatan, makanan dan susu bayi, perlengkapan bayi dan anak-anak. Juga bantuan tenda, selimut dan vitamin,” kata Abdul Hanif, ketua tim assessment dan tanggap awal yang diutus MDMC Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Tengah ke Mamuju, Sulawesi Barat.

Menurut Hanif, sapaan akrabnya, bahwa tim assessment MDMC , berangkat ke Mamuju pada Jum'at (15 Januari 2021) atau selang beberapa jam setelah gempa dengan magnitude 6,2 scala richter mengguncang Mamuju, Majene dan sekitarnya.

BACA JUGA  Coffee Touring Perdana Pemuda Muhammadiyah di Parimo

“Kami langsung mendapat mandat berangkat ke Mamuju, untuk melakukan pendataan apa saja yang dibutuhkan. Karena belum ada kontak ketika itu, kita spekulasi saja, bahwa yang paling dibutuhkan adalah BBM dan genset, serta popok bayi. Kita juga diminta untuk melakukan pendampingan, sampai terbentuknya Poskor,”katanya.

Setiba di Mamuju, langsung melapor kepada MDMC PW Muhammadiyah Sulawesi Barat dan Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Barat, serta melakukan pendampingan pembentukan Poskor.

“Alhamdulillah, teman-teman MDMC Sulbar sudah terlatih dan sangat sigap. Bahkan teman-teman, walaupun belum mendapatkan suplai bantuan, sudah menyalurkan bantuan apa adanya, khususnya yang ada di lingkungan Pusat Dakwah Muhammadiyah Sulbar, Masjid Fastabiqul Khairaat,”katanya.

BACA JUGA  Relawan PKS Banggai Salurkan Logistik Bantu Korban Banjir Desa Poh

Untuk memback-up, pada hari Sabtu, MDMC kembali mengirimkan lima relawan untuk membantu tugas-tugas assessment dan diperbantukan di Dapur Umum yang ada di Poskor. Pada Sabtu, juga membantu tim assessment Poskor MDMC Sulbar, mengunjungi Kecamatan Tappalang dan Malunda, lokasi yang merupakan epicentrum atau pusat gempa. Hasil dari assessment tersebut, kemudian dilaporkan ke Poskor, untuk ditindaklanjuti.

“Ada banyak rekomendasi. Tapi yang paling penting, kami mendapatkan fakta, bahwa banyak yang masih membutuhkan bantuan, khususnya untuk kalangan bayi, anak-anak dan Lansia,”ungkap Hanif, yang juga Sekretaris Pimpinan Wilayah Pemuda , sekaligus Ketua Majelis Kader .

Saat ini, relawan Muhammadiyah yang tergabung dalam MDMC terus berdatangan ke Mamuju. , ternyata tidak menyurutkan semangat para relawan untuk datang ke Mamuju. Sesuai arahan dari ketua MDMC Pimpinan Pusat Muhammadiyah, semua relawan Muhammadiyah, diharapkan tetap menjaga Protokol Kesehatan dalam melakukan tugas-tugas kemanusiaan.

BACA JUGA  DPR: Evaluasi Penyaluran Dana Desa Secara Komprehensif

“Saat ini, sedang dalam perjalanan beberapa relawan medis dari Majelis PKU Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan Majelis PKU beberapa PWM se-Indonesia, di antaranya dari Jakarta, Yogyakarta dan Sumatera Barat. sendiri, saat ini sudah mengirimkan dua gelombang bantuan logistic, dan rencananya mulai Selasa (19 Januari 2021), sudah akan mengirimkan relawan yang nantinya akan ditempatkan di beberapa divisi. Untuk teknis dan distribusi relawan, semuanya kita serahkan ke Poskor dan MDMC PW Muhammadiyah Sulawesi Barat,”tandasnya.(**)