Palu-Badan (Bawaslu) menggelar Apel siaga persiapan pengawasan menjelang Tahapan 2024 Di Halaman Kantor Gubernur Sulawesi Tengah, Minggu (19/11/23).

Ketua Bawaslu Sulawesi Tengah, Nasrun, menyoroti signifikansi Apel Siaga dalam menunjukkan kesiapan lembaga tersebut dalam mengawal proses . Fokus pengawasan pada tahapan kampanye, , dan daftar pemilih tambahan (DPTB) menjadi sorotan utama yang ditekankan.

Tujuan utamanya adalah untuk memastikan pengawasan yang ketat dalam setiap tahapan proses Pemilu, memastikan transparansi, dan meminimalkan potensi pelanggaran serta kecurangan yang dapat terjadi

“Ini menjadi rujukan kita dalam bekerja dan melakukan pengawasan. Pertama, lakukan pengawasan secara melekat pada tahapan yang ada di depan mata kita. Pastikan berjalan lancar dan data Daftar Pemilih Tambahan (DPTB) terkendali,” ujarnya.

Nasrun menegaskan Pentingnya pencegahan dalam kerja bahwa fokus utama bukan hanya pada identifikasi pelanggaran, tetapi juga pada upaya mencegah terjadinya pelanggaran sejak awal dan mengajak seluruh jajaran untuk mengutamakan langkah-langkah pencegahan.

BACA JUGA  Pegadaian Gelar Edukasi Keuangan Bersama Duta Wisata Sulteng

“Bapak Ibu, kami harapkan dalam melakukan pengawasannya, utamakan langkah-langkah pencegahan,” katanya.

Nasrun juga mengimbau agar langkah pencegahan dilakukan melalui koordinasi lintas sektor.

“Pentingnya koordinasi antara berbagai pihak, seperti Pemerintah Daerah, organisasi non-pemerintah (NGO), , dan peserta Pemilu, dalam langkah-langkah pencegahan, “tegasnya